Ubudiyah Bentuk Sanggar Heritage

UMT Malaysia Kunjungi Universitas Ubudiyah Indonesia

Bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negeri yang kaya akan warisan budaya, mulai dari kesenian maupun warisan budaya lainnya, dan di antara sekian banyak warisan budaya, seni tari adalah salah satunya.Masing-masing daerah mempunyai ciri tersendiri, dan masing-masing tarian mengandung maksud atau pesan yang berbeda pula.

Tari merupakan gerak tubuh secara berirama berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Untuk mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan, maka tari di iringi dengan bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari. Ada beberapa golongan tari berdasarkan jenisnya: tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru.

Dalam perkembangannya, seni tari tradisional mengalami sedikit penurunan dari peminat, dalam artian bahwa kesenian tradisional warisan budaya bangsa ini sudah mulai ditinggalkan. Generasi sekarang makin sedikit yang melestarikan, sehingga keberadaan seni tari sudah mulai “mengkhawatirkan”. Apabila tidak terus di kembangkan di lingkungan pendidikan dan daerah.

Oleh karena itu Ubudiyah pada bulan September 2013 resmi Membentuk sanggar tari di lingkungan kampus yang di beri nama :SANGGAR TARI UBUDIYAH HERITAGE yang arti nya warisan budaya yang akan di lestarikan olah sanggar heritage ubudiyah , sanggar tari ini akan menjadi bagian dari kegiatan ekstra kurikuler mahasiswa Stikes dan Stmik ubudiyah sebagai wadah dalam menyalurkan bakat dan talenta  mahasiswa ,

Sanggar tari ubudiyah heritage selain  mengembangkan tarian asal aceh yang sudah lahir sejak masa lampau sesuai kehidupan masyarakat berbudaya seperti tari  Seudati, Saman, Rapai Pasai, Rapai Debus, Rapai Lahee, Rapai Grimpheng, Rapai Pulot, Ada pula tari kreasi baru berpola tari tradisional: Ranup Lampuan, Rampoe Aceh, Peumulia Jame, Tarek Puekat, Limong Sikarang, Rampat Dua dan likok pulo , tapi juga mengembangkan tarian nusantara yang menjadi budaya Indonesia yang berasal dari berbagai suku budaya dan propinsi yang ada di indonesia seperti tarian asal bali, batak,jawa, dan papua sehingga dapat menumbuh kembangkan kecintaan mahasiswa akan seni budaya Indonesia yang kaya raya. Pelatih sanggar heritage di datangkan dari beberapa daerah yang sepenuh nya dibiaya oleh yayasan ubudiyah indonesi.

Dengan keberadaan sanggar heritage ubudiyah kedepan dapat membawa harum nama ubudiyah di bidang kesenian dan budaya dalam memenangkan kompetisi-kompetisi tingkat nasional dan internasional,

Budaya warisan Indonesia ini kita perkenalkan agar Jangan sampai bangsa lain merasa lebih mencintai dan merasa lebih meiliki, atau bahkan merasa bahwa budaya kita adalah milik mereka. Di tengah perkembangan jaman yang kian tak berbatas, semoga saja warisan budaya Indonesia tetap lestari, meski jaman terus berkembang, tapi warisan nenek moyang ini harus terjaga sebagai bukti kebesaran Bangsa Indonesia.