Ubudiyah Mewakili Aceh dalam Asian University President Forum (Aupf ) 2013 Di Malaysia

 Ubudiyah Mewakili Aceh dalam Asian University President Forum (Aupf ) 2013 Di MalaysiaYayasan Ubudiyah Indonesia untuk pertama kali nya resmi bergabung  sebagai anggota  Asian University President Forum 2013 (AUPF) mewakili  Aceh yang dilaksanakan pada tanggal 7-9 oktober 2013 di  langkawi,malaysia forum AUPF adalah forum tahunan dari kumpulan universitas  yang ada di  negara Asia, dan merupakan forum yang sangat bergengsi karena dihadiri  oleh president atau rektor yang ada di universitas se – Asia.

Untuk tahun ke 11 ini, AUPF di laksanakan di Langkawi, Malaysia dengan  tuan rumah adalah UniMAP (Universitas Malaysia Perlis) dengan tema  Leadership in the Transformation of Asia: Opportunities and  Challenges. UniMAP yang masih berumur 11 tahun siap menyambut  
partisipan dari berbagai negara di Asia dan juga delegasi beberapa  negara timur tengah, Afrika, dan Eropa, yang  berkumpul membicarakan  transformasi pendidikan Asia menuju pendidikan dunia.

AUPF tahun ini diikuti dari berbagai negara seperti Indonesia, Jepang,  Bangladesh, Korea Selatan, China, hongkong ,Pakistan, Thailand,  Myanmar, Singapore, dan Thailand, Zambia, Irlandia, Polandia,  Mauritius, Pilipina.  dan universitas yang hadir dari berbagai negara  ini  akan menanda tangani MoU kerja sama dengan berbagai universitas  yang tergabung dalam anggota AUPF.

di Forum ini Ubudiyah menandatangi MoU kerja sama dengan Universitas  Daffodil Bangladesh, Universitas Yangzhou China, Universitas Malaysia  perlis (unimap), Universitas Normal Philippiina ,Universitas   Rajamangala  University of Technology Srivijaya Songkhla, Universitas  Zambia, dan beberapa universitas lainnya yang akan melakukan kerja  sama selanjutnya dan dengan bertambah nya kerjasama ini semakin  memantapkan langkah ubudiyah menjadi word class university tahun 2025.

Kerja sama yang dilakukan adalah menyangkut dengan pertukaran dosen,  pertukaran mahasiswa, joint research, publikasi jurnal, pengembangan  kurikulum, seminar dan konferensi sponsorship. Yang bertujuan kerja  sama yang telah dibentuk dengan universitas-universitas di Asia ini  bisa meningkatkan kualitas Ubudiyah dari segi kualitas dosen,   kurikulum yang berstandar nasional dan intenasional dan juga dapat  meningkat kan kualitas hasil lulusan, serta sebagai upaya dalam  
meningkatkan nilai Akreditasi program studi dan institusi karna  kerjasama internasional merupakan salah satu indikator penilaian.

Dan di harapkan dengan kerja sama yang telah di lakukan oleh pihak  yayasan Ubudiyah selama ini bisa menjadi pioner untuk universitas lain  di Aceh khususnya untuk terus menjalin kerja sama dengan berbagai  pihak dan meningkatkan kualitas SDM dan infrastruktur, karena sejatinya untuk menjadi hebat universitas tidak bisa  berdiri sendiri, tapi harus banyak belajar dari universitas lain yaitu  melalui kerja sama di dalam bidang tridarma perguruan tinggi. dan  sebuah perguruan tinggi harus membuka diri ke dunia internasional  untuk berbagi ilmu dan sharring agar arah pendidikan indonesia  dapat  mengikuti arah pendidikan dunia.

Dan Kerja sama yang dilakukan dengan universitas PECS di Hungary beberapa  bulan yang lalu dalam lawatan ubudiyah ke eropa, telah teraplikasi  dengan baik dengan adanya publikasi hasil penelitian dosen ubudiyah  pada jurnal universitas pecs di hungaria dan sebalik nya, selain itu  juga akan melakukan kerjasama joint research antara dosen universitas  PECS dengan dosen ubudiyah di Aceh,dalam hal ini pihak ubudiyah tetap meminta dukungan dan kerja sama dari pemerintah Aceh.

kedepan nya ubudiyah akan terus melakukan kerjasama dengan universitas  di asia dan eropa dan terus berkomitmen mempromosikan pendidikan Aceh  ke dunia internasional karena aceh memiliki potensi besar menjadi  rujukan pendidikan Asia dilihat dari segi geografis, sosiologi, biaya  
serta budaya namun perlu adanya peningkatan kualitas mutu , SDM dan  infrastuktur  sehingga dapat mengikuti standar pendidikan dunia