Marniati : Tiga Prasyarat Jadi PTS Sehat

Ketua STIKES UBudiyah Marniati MKes mengemukakan tiga prasyarat untuk menjadi perguruan tinggi swasta yang sehat. Ketiga prasyarat itu, pertama adalah sumber dana. Sebagaimana diketahui operasional PTS selama ini hanya bergantung pada SPP mahasiswa. Tidak ada dana lain untuk swasta termasuk dari pemerintah, kalaupun ada dalam bentuk dana bantuan operasional, nominalnya tidaklah mencukupi.

“Yang kita lihat bahwa kita punya status dosen dan akreditasi sama dengan PTN, tetapi berbeda dalam hal dukungan pendanaan,”papar Marniati ketika memberi tanggapan pada Sosialisasi Kebijakan Ditjen Dikti yang diadakan Kopertis XIII Aceh di Plennary Hall UBudiyah, Senin (10/3) lalu.

Kedua, kata dia Kopertis perlu melakukan pendekatan dengan Pemerintah Aceh untuk kebijakan pemberian dana bantuan operasional yang lebih memadai. Diakuinya, secara personal sebagai Ketua STIKES UBudiyah pernah melakukan pendekatan agar alokasi dana DBO kepada PTS bisa ditingkatkan, akan tetapi saat itu belum mendapat persetujuan. “Mungkin di era pemerintahan sekarang ini kebijakan itu bisa diubah. Karena jumlah DBO 100 juta per tahun, itu untuk operasional dan penelitian tidak akan mencukupi,”katanya.

Ketiga berkaitan dengan pengelolaan dan standar mutu. Misalnya penguatan lembaga penjaminan mutu yang dinilai akan memberi pengaruh signifikan terhadap kualitas PTS ke depan. Karena itu dia meminta Kopertis XIII Aceh untuk memberikan perhatian khusus terkait dengan masalah tersebut