Tawar Mico : Kerja Keras Mahasiswa Menghalau Minimnya Partisipasi Masyarkaat

Mahasiswa KKN UUI 2014 di Kampung Ratawali, Kec. Kute Panang, Kab. Aceh Tengah meluapkan kegembiraannya saat foto bersama dengan tim supervisi KKN di depan penginapan mereka di kampung setempat Jumat (25/4/2014). credit foto : Doni Sumarto

written by : Ferdi N Sijabat 

Kunjungan ke tiga kelompok terakhir pada Jumat (25/4) menutup seluruh rangkaian supervisi KKN UUI tahun 2014 tahap I. Sekira pukul 09:00 wib, tim supervisi mengunjungi desa Tawar Mico. Akses ke desa ini bisa ditempuh melalui Ratawali maupun Lukup Sabun Barat via Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah.

Akses ke daerah ini tidak ada masalah, karena sarana jalan layak dan bisa dilalui tanpa ada rintangan. Hanya saja penginapan mahasiswi di sini terlihat baru saja rampung dikerjakan. Di bagian depannya ditutupi dengan terpal plastik. Mereka menyiapkan makanan sendiri, sejumlah peralatan masak memasak seperti kompor gas dan sejumlah sayur mayur juga terlihat di susun di bagian depan.

Di sini, tim mengadakan pertemuan singkat sambil lesehan di lokasi penginapan mahasiswa yang diketuai Muhammad Rahmad. Kendala utama yang dihadapi mahasiswa di desa ini adalah rendahnya partisipasi masyarakat. Hal ini disebabkan kegiatan KKN ini berlangsung bersamaan dengan datangnya musim panen kopi. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain sosialisasi kesehatan kepada ibu-ibu hamil oleh mahasiswa Fakultas Kesehatan dan Farmasi.

Sedangkan mahasiswa sudah berupaya untuk menggelar kegiatan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi kepada perangkat desa setempat. Akan tetapi, kegiatan itu urung diwujudkan karena kesibukan masing-masing perangkat desa yang juga sedang disibukkan dengan musim panen kopi. Adapun yang dilakukan saat ini mereka berusaha melakukan “kaderisasi” tentang aplikasi android dan blackberry kepada pemuda setempat, di samping memberikan pelatihan Bahasa Inggris kepada anak-anak usia sekolah dasar di desa itu.

Berdasarkan fakta tersebut, tim merekomendasikan agar mahasiswa fokus untuk menyusun rencana kerja tiga minggu ke depan dengan mengacu pada hasil lokakarya mini, untuk kemudian merumuskan rencana intervensi yang realitis dan prioritas.  mereka juga diminta menyusun Rincian Anggaran Biaya untuk kegiatan tersebut dan memuat rencana perlombaan yang akan dilakukan.

Perkembangan terakhir, kelompok ini telah menindaklanjuti rekomendasi tim supervisi dengan mengirimkan rencana kerja ke Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). DPL Kelompok Tawar Mico, Fathiah ST Meng Selasa (29/4) secara resmi telah menyerahkan RAB tersebut kepada Ketua Panitia Ferdi N Sijabat SE MSc.Mgt.