KKN UBudiyah di Aceh Tengah Berakhir

Mahasiswa UUI Bagikan Masker

Setelah menyelesaikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata selama satu bulan di Kecamatan Kute Panang, Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (13/5) kegiatan yang diikuti 166 mahasiswa Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) ini berakhir. Kegiatan penutupan KKN dan pelepasan mahasiswa digelar di halaman Sekretariat Daerah Pemkab Aceh Tengah sekira pukul 14:00.

Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Aceh Karimansyah I SE MM dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa kegiatan KKN UUI di Kecataman Kute Panang adalah yang pertama pasca musibah gempa yang lalu. Lebih lanjut, Karimannya menambahkan, kegiatan KKN ini sebenarnya memberi pelajaran dan pengalaman yang cukup berharga bagi mahasiswa, karena jika mereka bisa memanfaatkan waktu satu bulan itu dengan melakukan berbagai kegiatan di masyarakat, maka itu akan sangat bermanfaat bagi mereka.

“Harapan kami, mahasiswa dapat mengambil pelajaran dari kegiatan KKN ini, walaupun sebenarnya waktu satu bulan belum cukup untuk memahami kultur masyarakat,”paparnya. Pemkab Aceh Tengah menyampaikan terima kasih atas kontribusi mahasiswa UUI selama melakukan KKN di Kute Panang.

Perwakilan mahasiswa, Muhammad Rahmad mengunkapkan kekaguman atas sambutan masyarakat Kute Panang yang cukup berkesan. Di sini, kata Rahmat tidak ada perbedaan yang menghalangi interaksi mahasiswa dengan masyarakat.”Meskipun kami berasal dari daerah dan suku yang berbeda. Tetapi di Aceh Tengah ini kami merasakan tidak ada perbedaan dan sambutan masyarakatnya baik dan ramah,”kata Rahmad.

Sementara itu, Ketua Panitia KKN UBudiyah angkatan pertama, Ferdi Nazirun Sijabat SE MSc.Mgt mengungkapkan rasa syukur atas pelaksanaan kegiatan KKN ini. Dia memberikan apresiasi kepada Pemkab Aceh Tengah, Kecamatan Kute Panang dan para kepala desa (reje) di 11 lokasi penempatan mahasiswa KKN UUI tahun ini. Ada pun 11 lokasi pelaksanaan KKN adalah Ratawali, Pantan Sile, Tapak Moge Timur, Pantan Jerik, Tawarmico, Atu Gogop, Segene Balik, Blang Balik, Buter Balik, Lukup Sabun Barat,  Lukup Sabun Tengah.

Dikatakannya ada sejumlah kegiatan yang dilangsungkan mahasiswa di lokasi KKN, seperti kesehatan reproduksi, penyuluhan ibu hamil, pengenalan teknologi informasi dan perlombaan dan berbagai kegiatan lainnya yang didasarkan atas lokakarya mini antara mahasiswa dengan perangkat desa.

Ferdi juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan kegiatan KKN pada 13 Mei lalu. Diakuinya ada banyak dinamika dan keterbatasan yang dihadapi mahasiswa di lokasi KKN, akan tetapi kontribusi mereka selama menjalani KKN jauh lebih penting, karena ini tidak hanya menjadi catatan sejarah bagi UUI dan mahasiswa sendiri, tetapi ini adalah bagian dari amal salih mereka.

Kegiatan penutupan KKN UUI itu juga ditandai dengan penyerahan cenderamata UUI dari Ketua Panitia Ferdi Sijabat kepada Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Tengah, Karimansyah I.  Sekira pukul 15:30, seluruh mahasiswa dipulangkan ke Banda Aceh dengan menggunakan armada angkutan minibus.  

Kegiatan pemulangan mahasiswa ini difasilitasi tim panitia dan dosen pembimbing lapangan yang terdiri dari Rahmayani SKM MKes, Donny Sumarto ST MT, R Nuzul SST, dan Mardian ST. Kendati mengalami beberapa kendala teknis di lapangan, namun kegiatan pemulangan mahasiswa dari lokasi KKN bisa berlangsung dengan lancer.