Mahasiswa KKN UUI Bantu Masyarakat Sadar Kesehatan dan Teknologi

Takengon, 1 Mei 2014. Mahasiswa Ubudiyah Indonesia yang merupakan gabungan dari STMIK dan STIKES Ubudiyah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Kecamatan Kute Panang, Aceh Tangah. Mahasiswa yang berjumlah 165 orang yang terbagi kepada 11 kelompok menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. Mahasiswi STIKES Ubudiyah yang memiliki jurusan Kebidanan dan Kesehatan Masyarakat mengadakan pendataan ibu hamil, ibu menyusui, lansia dan berbagai macam penyakit yang dialami oleh masyarakat. Untuk selanjutnya berdasarkan data tersebut diadakan penyuluhan, pemeriksaan dan penyaluran informasi kepada masyarakat seperti Program Kesehatan Reproduksi (KESPRO), Periksa Penyudara Sendiri (SADARI) dan Senam Lansia. Selain itu, mahasiswi melakukan pengecekan kesehatan gratis dan bersama masyarakat menanam Kebun Apotek Sehat, yang merupakan kumpulan tanaman-tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan.

Sementara itu Mahasiswa dan mahasiswa yang tergabung dalam STMIK Ubudiyah mengadakan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang komputer dengan mengadakan pelatihan komputer kepada guru-guru, siswa dan perangkat desa di berbagai desa Kecamatan Kute Panang. kegiatan ini merupakan kegiatan utama disamping berbagai kegiatan seperti penempelan nomor rumah, pembuatan plang kantor Kepala Desa (Reje), pembuatan plang nama jalan dan membantu pembangunan fisik lainnya.

Kecamatan Kute Panang adalah salah satu kecamatan yang terkena efek gempa Aceh Tengah dan Bener Meriah di tahun 2013. Kehadiran mahasiswa STIKES dan STMIK Ubudiyah di Kecamatan Kute Panang bermaksud untuk membantu masyarakat yang sebagian besar merupakan korban gempa. Diharapkan dengan kedatangan mahasiswa tersebut, banyak kegiatan-kegiatan masyarakat dapat terbantu dan mahasiswa dapat menjalankan misinya untuk membantu masyarakat sadar kesehatan dan teknologi di Kecamatan Kute Panang, Aceh Tengah.