Pemerintah Aceh Perhatikan PTS : UUI Sambut Positif

isiatif Pemerintah Aceh menggelar pertemuan dengan jajaran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Aceh yang digelar di Hote Grand Nanggroe, Selasa (6/5/14) lalu disambut positif Wakil Rektor I Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) Agus Ariyanto SE MSi. Hal itu kata Agus menunjukkan Pemerintah Aceh sudah melihat pentingnya kontribusi PTS terhadap pembangunan sumber daya manusia di Aceh.

Data menunjukkan ada 122 PTS di Aceh yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Ini merupakan potensi besar yang harus diperhatikan Pemerintah Aceh. Karena institusi ini berperan penting dalam membantu pemerintah di bidang pengembangan sumber daya manusia, bahkan sebagian PTS juga ada yang memiliki keunggulan tersendiri di bidangnya masing-masing.

Diakui Agus memang selama ini ada yang luput dari perhatian Pemerintah Aceh, karena untuk urusan pendidikan hanya melingkupi jenjang sekolah dasar hingga SMA. Tetapi dengan adanya kebijakan untuk memasukkan perguruan tinggi, khususnya PTS dalam pembangunan pendidikan di Aceh ke depan merupakan hal yang positif dan patut mendapat dukungan dari semua pihak.

“Menurut penjelasan Biro Isra Pemerintah Aceh, Qanun pendidikan Aceh akan direvisi tahun depan untuk memasukkan institusi perguruan tinggi di dalamnya. Ini sesuatu yang positif bagi perguruan tinggi di Aceh,”papar Agus disela-sela coffe morning bersama jajaran dosen dan staff di Academia Lounge UUI.

Hal yang krusial lainnya kata Agus adalah kesediaan LPSDM untuk melakukan penjaringan penerima Beasiswa Pemerintah Aceh secara transparan. LPSDM juga akan berupaya untuk membuka seleksi beasiswa dalam dua tahap setiap tahunnya. Dan yang perlu ditindaklanjuti oleh LPSDM ke depan adalah memprioritaskan beasiswa sesuai dengan kebutuhan SDM di daerah. Dan akan lebih efektif jika ini diprioritaskan kepada tenagapendidik seperti Guru dan Dosen. Karena sekembali dari sekolah, mereka dapat memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat dan hasilnya juga akan dirasakan oleh daerah dalam waktu jangka panjang.

Pada pertemuan yang dihadiri hampir seluruh dosen PTS yang ada di Aceh itu, para dosen  melahirkan sejumlah rekomendasi, antara lain pembagian quota Beasiswa Pemerintah Aceh kepada seluruh PTS yang ada di Aceh dan pembentukan forum dosen PTS se Aceh sebagai wadah advokasi kesejahteraan dan peningkatan mutu dosen.