Sebanyak 105 Pimpinan PTS Aceh Ikuti Rakor Kopertis XIII

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIII Aceh menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tahun 2014 dengan seluruh pimpinan perguruan tinggi swasta di Aceh yang jumlahnya mencapai 105 PTS. Rakor tersebut dibuka Kamis (15/5) malam di Hotel Hermes Hotel Banda Aceh dan ditutup Sabtu (17/5) pagi di tempat yang sama.

Koordinator Kopertis Wilayah XIII, Prof Dr Jamaluddin Idris MEd kepada Serambi di Banda Aceh, Selasa (13/5) pagi mengatakan, dalam rakor tersebut akan dibicarakan mekanisme penyelenggaraan PTS di Aceh secara benar dan sehat sesuai tuntutan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Dalam rakor tersebut akan dirumuskan pula upaya bersama dan strategi pembinaan PTS berbasis bottom up berdasarkan masukan yang paling logis dan relevan dari para pimpinan PTS di Aceh.

Selain itu, rakor tersebut juga dimanfaatkan sebagai ajang sosialisasi program-program pengembangan mutu pendidikan tinggi swasta di Aceh agar sesuai dengan standar nasional bahkan internasional. Untuk itu, kata Prof Jamaluddin, seusai ia membuka rakor tersebut dengan resmi, ia lanjutkan dengan pemaparan materi Sistem Mutu Internal dan Implementasi Program Pengembangan PTS Kopertis Wilayah XIII. Sesi berikutnya presentasi Sistem Informasi Manajemen SDM Kopertis XIII oleh Drs Zulkarnain MAP selaku Sekretaris Pelaksana pada Kopertis Wilayah Aceh.

Rakor dilanjutkan dengan pembahasan empat tema pokok yang dibicarakan intensif dalam rapat komisi. Komisi A akan membahas penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan penelitian pada PTS Kopertis XIII. Materi ini difasilitasi oleh Dr Buhori Muslim MAg, Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Komisi B membahas pengembangan dan peningkatan lembaga penjamin mutu, pengabdian masyarakat, dan kemahasiswaan pada PTS Kopertis XIII yang difasilitasi Dr Marwan Hamid MPd, Wakil Rektor I Universitas Almuslim, Bireuen.

Komisi C membahas startegi pengembangan dan pengelolaan pendidikan tinggi berbasis IT pada Kopertis Wilayah XIII yang difasilitasi Marniati MKes dari Universitas UBudiyah Aceh. 
Sedangkan Komisi D membahas pembinaan dan kerja sama antarlembaga dalam dan luar negeri pada PTS Kopertis Wilayah XIII yang diarahkan oleh Mustakim MH MKn, Dosen Fakultas hukum.uui.ac.id target=_blank>Hukum  Unsyiah. (*)