Web Resmi UUI Disosialisasikan ke Dosen dan Staf

Perubahan status dari STIKES dan STMIK UBudiyah menjadi Universitas UBudiyah Indonesia (UUI) ikut berdampak pada domain atau web resmi perguruan tinggi ini. Jika sebelumnya web terpisah menjadi www.stikesubudiyah.ac.id dan www.stmikubudiyah.ac.id, kini kedua situs itu diintegrasikan ke dalam satu laman resmi : www.UUI.ac.id.

Rektor UUI Marniati SE MKes dalam penjelasannya kepada para dosen dan staf menjelaskan, pemindahan web ini adalah hal yang lazim. Karena mengingat pentingnya integrasi seluruh fakultas yang ada ke portal induk UUI. Kehadiran web UUI ini menurutnya sejalan dengan beberapa upaya UUI ke depan, pertama dalam mewujudkan Visi 2025 menjadi World Class Cyber University (WCCU),dimana salah satu komponennya berupa dukungan dari system informasi dan pengurusan segala bentuk dokumen akademik dalam format berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Hal ini juga menjadi bagian dari inovasi yang terus dikembangkan UUI yang mengukuhkan dirinya sebagai cyber university pertama di Aceh.

Kedua, laman web UUI dengan integrasi system informasi di dalamnya akan mejadi support system bagi kegiatan akreditasi yang akan dilakukan UUI ke depan. Baik dalam rangka akreditasi program studi, institusi maupun dalam hal penjaminan mutu.

“Inilah mengapa seluruh dosen dan staf perlu memahami pentingnya system informasi yang sedang kita kembangkan. Semua yang kita kembangkan ini berkaitan erat dengan Visi 2025 dan akreditasi. Di samping itu, kita juga ingin mempermudah layanan kepada seluruh sivitas akademikUUI,”paparnya pada acara sosialisasi web resmi UUI yang digelar Badan Perancangan Sistem Informasi (BAPSI) UUI, Senin (29/4/14) di Ubudiyah Plennary Hall.

Ketiga, pengembangan web dan system informasi ini juga akan menjadi sarana untuk mengangkat reputasi UUI di laman perangkingan perguruan tinggi di tingkat dunia, Webometric. Sejauh ini, posisi world rank UBudiyah berada di peringkat 19602, peringkat 6576 Asia  dan peringkat 1009 untuk Asia Tenggara.  Sedangkan peringkat nasional UUI (STIKES UBudiyah) berada diposisi 318. Pada kesempatan itu, Marniati juga menyampaikan rektorat UUImenargetkan pencapaian webometrics pada 2016 berada di posisi 50 besar nasional, posisi 1000 di Asia dan peringkat 10.000 dunia.

“Target ini bukan tidak mungkin untuk dicapai. Karena Bapsi UUI untuk setahun ini sudah mampu menyelesaikan 83 website dan aplikasi berbasis web. Keberhasilan Bapsi ini patut diapresiasi, untuk itu diperlukan kerjasama dari seluruh unit kerja dalam memberikan masukan untuk perbaikan maupun dalam mengoperasikan berbagai aplikasi berbasis web yang sudah dikembangkan ini,”papar Marniati.

Sementara itu, Ketua Bapsi UUI Zuhar Musliana, ST menjelaskan dari 83 website dan aplikasi yang sudah dikembangkan itu antara lain web keenam fakultas di lingkungan UUI, portal lembaga, dan organiasi kemahasiswaan, serta aplikasi system informasi akademik, tugas akhir, kerja praktek, hingga system penerimaan mahasiswa baru (sipenmaru). Dengan berbagai aplikasi berbasis web yang akan terus dikembangkan, dia berharap ke depan segara kegiatan administrasi di UUI tidak lagi menggunakan kertas (paperless). Turut hadir pada kegiatan itu Ketua Yayasan UBudiyah Dedi Zefrizal ST, Wakil Rektor I UUI Agus Arianto SE MSi serta sejumlah Ketua Program Studi, Ketua Lembaga, dosen dan staf UUI.