Wisuda Perdana : UUI Luluskan 122 Sarjana dan Diploma

Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) menggelar wisuda perdana pada Rabu, 14 Agustus 2014, pagi sekira pukul 09:30 yang bertempat di Ubudiyah Plennary Hall. Prosesi wisuda dipimpin langsung oleh Rektor UUI Marniati, MKes dan jajaran anggota Senat UUI.

Pada momen wisuda perdana ini, UUI meluluskan 122 sarjana dan diploma yang terdiri dari 72 Sarjana Terapan D-IV Kebidanan dan 4 Ahli Madya Kebidanan  (Fakultas Ilmu Kesehatan), 29 Sarjana Teknik Informatika, 8 Sarjana Sistem Informasi, dan 9 Ahli Madya Manajemen Informatika.

Pada kesempatan itu, Rektor UUI juga mengambil sumpah sejumlah sarjana dan ahli madya kebidanan serta melantik secara resmi seluruh wisudawan dan wisudawati UUI angkatan pertama. Selanjutnya, Rektor menyerahkan penghargaan kepada enam lulusan terbaik masing-masing Dian Alya (IPK 4,00), Ratna Ramlah (IPK 3,91), dan Nazri Laili (IPK 3,91) dari Fakultas Ilmu Kesehatan. Sedangkan tiga mahasiswa lainnya Novia Ningsih (IPK 3,67), Indah Safriana (IPK 3,62), dan Arief Munandar Yad (IPK 3,56).

Rektor UUI dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran universitas ini menjadi catatan sejarah tersediri bagi dunia pendidikan di Aceh. Dikatan Rektor, sebelum ini tidak ada yang menyangka satu perguruan tinggi yang pada mulanya dibangun dari sebuah rumah toko (ruko) mampu bertransformasi menjadi universitas. Prestasi hari ini, kata Marniati adalah hasil kerja dari seluruh pengurus dan sivitas akademika yang telah berkontribusi dalam membangun STIKES dan STMIK Ubudiyah.

“Ini adalah satu kebahagiaan karena sebelumnya wisudawan UUI hari ini diterima di STIKES dan STMIK Ubudiyah, sekaran mereka diwisuda sebagai lulusan Universitas Ubudiyah Indonesia. Apakah bapak/Ibu bangga prestasi ini,”Tanya Rektor yang disambut para wali wisudawan dengan penuh bangga.

Marniati juga menguraikan sejumlah kerjasama yang selama ini dijalin UUI untuk meningkatkan kualitas akademik dan keterlibatan UUI di tingkat internasional. Kerjasama dengan Universiti Malasyia Perlis (Unimap) antara lain dengan mengirimkan tiga mahasiswa dan dosen UUI mewakili Aceh ke Asia Summer Program (ASP) 2014 di Perlis. Ketiga mahasiswa UUI ini bergabung dengan 300 mahasiswa lainnya dari sejumlah universitas di Asia dan Amerika.

Dan yang lebih istimewa lagi adalah kesediaan Datuk VC Unimap Brigjen Datuk Prof Dr Kamarudin Hussin untuk menjadi penasehat UUI. “Datuk Kamarudin secara sukarela, tanpa ada motif finansial menyatakan kesediaannya menjadi penasehat UUI. Ini sangat luar biasa. Karena beliau melihat apa yang saya lakukan dengan Pak Dedi dalam membangun Ubudiyah ini cukup potensial di Aceh. Beliau bersedia membangun Ubudiyah menjadi lebih besar lagi,”kata Marniati yang disambut applaus wisudawan.  Agenda kerjasama UUI pada akhir tahun ini adalah menghadiri Asia Universiti President Forum (AUPF) 2014 yang akan digelar di Bangkok, Thailand pada Oktober nanti.