Rektor UUI : Perguruan Tinggi Berperan Penting Majukan Usaha Kecil

Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) Marniati MKes menyatakan Perguruan Tinggi memiliki peran strategis dalam memajukan usaha kecil di daerah. Dengan kapasistas yang dimilikinya dalam pengembangan Tridarma, perguruan tinggi dapat memaksimalkan kegiatan pengabdian masyarakat untuk memperkuat basis kewirausahaan di tengah-tengah masyarakat.

Kapasitas ini kata Marniati akan jauh lebih kuat lagi jika di dalamnya juga pemerintah ikut ambil bagian, sehinga tercipta jalinan sinergi segitiga antara pemerintah, masyarakat dan perguruan tinggi. Dengan demikian, sumber daya yang ada di ketiga belah pihak akan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi di kalangan usaha kecil, khususnya di luar kawasan perkotaan.

Hal itu dikemukakan Rektor UUI ketika menyampaikan sambutannya pada acara penandatangan MoU chanelling program dengan PNPM-Mandiri Perkotaan Aceh Besar. Ditambahkannya, dengan adanya jalinan kerjasama antara UUI dan PNPM ini akan membuka jalan bagi perguruan tinggi seperti UUI untuk dapat memberikan kontribusi terbaiknya dalam pengembangan masyarakat menjadi masyarakat mandiri.

Rektor juga menambahkan, kemandirian masyarakat merupakan tujuan pembangunan bangsa, yang sebearnya tidak hanya berkutat pada persoalan ekonomi semata, tetapi juga mencakup persoalan social, kesehatan dan lain-lainnya. Ke depan, UUI melalui berbagai program studi yang dimilikinya baik dibidang ekonomi, kesehatan, hukum, teknik, pendidikan dan komputer akan ikut ambil bagian dengan pendekatan multidisipliner dalam melakukan upaya pengembangan masyarakat binaan di Krueng Barona Jaya menjadi masyarakat yang mandiri.