Sanggar Ubudiyah Heritage Pentaskan Tari Aceh di Malaysia

Sanggar Tari Ubudiyah Heritage yang terdiri dari mahasiswi Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) mendapat kehormatan untuk mementaskan sejumlah tarian Aceh seperti Likok Pulo, Ratoh Jarou, serta tarian Malaysia di Dewan Universiti Malaysia Perlis (Unimap), Pauh Putra, Perlis,  Jumat (26/9) malam. Pementasan ini digelar dalam rangkaian malam puncak resepsi wisuda (konvokesyen) ke-9 Unimap.

Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) Marniati dalam keterangannya menyebutkan bahwa kehadiran Sanggar Ubudiyah Heritage ini merupakan untuk memnuhi undangan kehormatan dari Vice Chancellor Unimap Prof Dr Kamarudin Hussin. Dikatakannya, kehadiran tim Sanggar Ubudiyah Heritage ini selain bertujuan untuk mempromosikan budaya dan kesenian Aceh.

Di ajang yang bertajuk 9th Festkon Unimap ini, delegasi UUI juga hadir di arena stand pameran (tapak konvo) dengan memamerkan sejumlah hasil kerajinan tangan karya warga binaan PNMP Aceh Besar dan souvenir lainnya khas dari Pidie Jaya dan Banda Aceh.

Lebih lanjut Marniati juga mengharapkan even Festkon Unimap ini  mampu menjembatani berbagai kerjasama di bidang seni dan kebudayaan, di samping kerjasama bidang akademik dan riset yang terjalin selama ini antara UUI dan Unimap. “Dalam konteks yang lebih luas tentu saja, ini akan semakin memperkuat kerjasama antardaerah misalnya Aceh dan Perlis dan tentunya Indonesia dengan Malaysia. Kerjasama ini semakin penting dan relevan sekali untuk kita bangun, khususnya menjelang berlakunya pasar tunggal ASEAN tahun depan,”pungkas Marniati didampingi Direktur Kemahasiswaan Jummaidi Saputra SH MH dan Syeh Sanggar Ubudiyah Heritage Aris Munandar SPdI.

Selain penampilan seni dan pameran, Marniati juga menambahkan pada kesempatan Wisuda  Unimap ke-9 ini, dirinya juga mendapat kehormatan berada di jajaran senat Universiti Malaysia Perlis untuk penyerahan ijazah (degree conferment) kepada para sarjana yang diwisuda pada tahun ini. Pelaksanaan wisuda digelar di Dewan 2020 Kangar, Perlis. (FNS)