UUI Gelar Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah

logouui

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)   dan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) menggelar Seminar Pelatihan dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada 17 Septmber 2014 lalu di Plenary HallUUI. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 100 peserta dari kalangan guru SMA dan sederajat di Banda Aceh dan Aceh Besar. Seminar itu sendiri mengetengahkan temaUpaya Meningkatkan Profesionalitas Guru Dalam Melakukan Penelitian.

Wakil Rektor III UUI Jurnalis J Hius ST MBA dalam sambutannya mengatakan tujuan pelaksanaan seminar tersebut adalah untuk memfasilitasi para guru yang selama ini mungkin mengalami kendala dalam penulisan karya tulis ilmiah. Ditambahkannya, kemampuan dalam menghasilkan karya tulis ilmiah ini juga sangat diperhitungkan terutama dalam hal kenaikan pangkat dan menjadi satu barometer profesionalistas guru dewasa ini. Dia berharap pelatihan ini mampu menambah wawasan dan pengetahuan para guru dalam melakukan penelitian maupun menghasilkan karya tulis ilmiah.

“Tujuan pelaksanaan acara seminar ini adalah untuk meningkatkan profesionalitas guru dan menjadi satu kontribusi UUI dalam rangka memajukan dunia pendidikan di Aceh,”tukas Jurnalis.

Sementara itu Yusran dari Dinas Pendidikan Aceh Besar menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada para guru untuk meningkatkan kapasitasnya dalam penulisan karya tulis ilmiah. Seminar kata Yusran sangat positif dan diharapkan dapat memotivasi semangat para guru untuk menghasilkan sesuatu selain melakukan kegiatan belajar mengajar.

Namun begitu, Yusran berharap kemampuan menulis karya ilmiah ini harus menjadi bagian dari kompetensi guru. Oleh karena itu, para guru diminta dalam menguasai kemampuan menulis karya ilmiah tidak hanya berhenti untuk hal kenaikan pangkat semata. Sebab, menghasilkan karya tulis ilmiah ini hanya sebagai prasyarat atau reward untuk mendapatkan kenaikan pangkat yang lebih tinggi. Dengan demikian, dengan memiliki kompetensi dalam menyusun karaya tulis ilmiah, selain dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia para guru juga bisa berpengaruh pada peningkatan kualitas proses belajar mengajar.

Sementara itu, Ketua Panitia Said Ashlan MPd seusai acara seminar mengungkapkan bahwa berdasarka keterangan sejumah peserta, kegiatan seminar tersebut medapat sambutan antusias dari kalangan guru.  Ditambahkan Said, kegiatan pelatihan kepada para guru di dua kabupaten/kota ini akan terus diadakan secara berkala. Dijadwalkan, kegiatan serupa akan digelar kembali pada Oktober nanti dengan menghadirkan dua pembicara dari Universiti Malaysia Perlis, yaitu Prof. Madya Dr. Che Mohd Ruzaidi Ghazali dan Dr. Mohd Mustafa Al-Bakri Abdullah Mustafa.