Prof Hermawan akan Resmikan Perpustakaan UUI

Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti Prof Ir Hermawan Kresno Dipojono, MSEE, Ph.D dijadwalkan meresmikan Perpustakaan Univesitas Ubudiyah Indonesia, Kamis (9/10/14) di Kampus UUI, Tibang, Banda Aceh. Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia Marniati SE MKes mengatakan prosesi peresmian ini juga akan dihadiri oleh Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh Prof Dr Jamaluddin Idris, MEd dan sejumlah undangan lainnya. 

“Hari ini kita sudah lakukan persiapan akhir sebelum acara peresmian nanti. Syukur sekali, Direktur Kelembagaan Prof Hermawan bersedia untuk meresmikan perpustakaan UUI. Kita harap dengan peresmian ini, perpusakaan UUI akan menjadi satu pusat unggulan dan menjadi rujukan bagi perpustakaan swasta lainnya di Aceh,”kata Rektor.

Lebih lanjut, Rektor juga menambahkan UUI saat ini sedang fokus mengembangkan berbagai layanan dan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengakses referensi yang dibutuhkan. Dengan kerjasama Asia University Library Network (AULINK) yang akan diperkuat lagi pada AUPF 13 di Bangkok bulan ini, UUI punya peluang untuk mengakses referensi dari sejumlah universitas Asia yang tergabung dalam AUPF. 

Dari segi fasilitas, kemudahan yang akan diwujudkan dalam waktu dekat adalah fasilitas selfcheck dengan menggunakan teknologi RFID, dan drop box. “ke depan untuk peminjaman dan pengembalian buku, mahasiswa bisa melakukannya sendiri,”tukas Rektor. Dalam hal pengembangan sistem, beberapa bulan lalu UUI juga sudah mengirimkan staf untuk mempelajari tentang sistem informasi perpustakaan ke Universiti Malaysia Perlis (Unimap). Dan November nanti, Direktur Perpustakaan Unimap Puan Mazmin Mat Akhir akan dijadwalkan akan berkunjung ke UUI untuk berbagi pengalaman dan praktik pengembangan perpustakaan.