Rektor UUI Promosikan Aceh di AUPF 2014 Thailand

Asia University Presiden Forum (AUPF) merupakan ajang pertemuan tahunan antar perguruan tinggi se-Asia. Di even ini,   Rektor UUI Marniati SE MKes mempromosikan Aceh sebagai satu destinasi wisata yang unik, khususnya wisata ke sejumlah obyek yang pernah terkena dampak gempa dan tsunami pada tahun 2014 silam. Di forum ini, Rektor UUI merupakan satu-satunya partisipan yang hadir dengan mengenakan pakaian adat Aceh kombinasi warna merah dan hijau.

“Ini bukan sekedar untuk tampil berbeda dari peserta lainnya. Saya ingin mempromosikan Aceh secara langsung di hadapan rektor se-Asia. Banyak rektor lainnya memberikan apresiasi dan bertanya langsung tentang pakaian adat Aceh ini,”tutur Rektor UUI.

Pada sesi  pembicaraan  informal dengan sejumlah rektor dan delegasi dari sejumlah universitas mitra, Rektor UUI juga mengajak rekannya untuk berkunjung ke Aceh. Selain untuk mempererat kerjasama akademik, ini juga diharapkan dapat memperkenalkan lebih jauh tentang Aceh kepada mitra dari berbagai universitas di Asia. Dalam pembicaraan tersebut Rektor UUI mengusulkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan AUPF ke-16 tahun 2017.

Sejumlah pimpinan universitas mitra menyambut antusias tawaran Rektor UUI. Untuk itu, melalui berbagai program kerjasama akademik, UUI akan memfasilitasi kunjungan para pimpinan rektor universitas mitra luar negeri untuk berkunjung ke Aceh. Tidak hanya untuk kalangan rektorat, UUI pada tahun depan, UUI juga akan meluncurkan kegiatan  Summer Program perdana dengan mendatangkan sejumlah mahasiswa dari universitas mitra dari kawasan ASEAN dan Asia