Terobosan Baru Kerjasama Internasional UUI

Kampus Universitas Ubudiyah Indonesia

Rektor  UUI Marniati SE MKes juga memaparkan  bahwa pertemuan AUPF ke-13 tidak hanya menambah deretan rekor jumlah dokumen Mou yang diraih UUI dengan sejumlah universitas mitra luar negeri.  Akan tetapi, ada sejumlah terobosan kerjasama internasional baru yang sukses  digalang, diantaranya : Indo-Thai, International Joint Conference of Indonesia, Malaysia and Ireland (IJCIMI), Global Access Asia (GAA), dan I-Qraq. 

Indo-Thai merupakan program kerjasama akademik antara sejumlah universitas di Indonesia dan Thailand  yang menjadi anggota AUPF.  Sejumlah kegiatan yang bakal dilucurkan dalam kolaborasi ini adalah Joint Scholarship, konferensi dan publikasi internasional, pertukaran budaya dan bahasa serta kegiatan social lainnya. Sementara itu, program IJCIMImerupakan program konferensi tahunan yang digagas UUI bersama dua perguruan tinggi mitra lainnya, yaitu Universiti Malaysia Perlis dan Athlone Institute of Technology (AIT). Konferensi ini melingkupi sejumlah bidang ilmu, dari Ilmu Sosial, Kesehatan, Sains, Ekonomi dan Teknologi. Kegiatan ini bisa digelar secara bergantian di Aceh (Indonesia), Malaysia dan Irlandia. Kegiatan konferensi ini diharapkan menjadi ajang internasionalisasi hasil riset dan gagasan keilmuan yang dimiliki para dosen di UUI, Aceh dan Indonesia pada umumnya.

Pada pertemuan AUPF kali ini, UUI juga menyahuti tawaran Dongseo University untuk ikut berpartisipasi dalam Global Access Asia (GAA). Program ini antara lain menawarkan sharing  pengetahuan dalam pembelajaran e-learning yang sudah dikembangkan di Korea Selatan. UUI juga ikut serta dalam program Globa Cyber bersma dua universitas lainnya dari Indonesia. Program ini dinisiasi oleh Daffodil International University. Lebih lanjut UUI juga akan ikut ambil bagian dalam forum I-Qraq yang digagas oleh Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) dalam rangka memajukan riset dan sains Islam.

Berdasarkan berbagai pembicaraan dengan mitra di forum ini, pada 2015 nanti UUI juga akan meluncurkan jurnal internasional yang diberi nama U-RISET (Ubudiyah- Research for International in Social, Economics and Technology). Jurnal ini akan menerbitkan hasil penelitian, gagasan konseptual dan teoritis yang dikembangkan para dosen dan peneliti di UUI dan universitas mitra UUI. Ini merupakan kontribusi nyata UUI dalam upaya menambah jumlah riset internasional untuk Aceh dan Indonesia.