UUI Gelar Fit and Proper Test Calon Warek I

Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) untuk pertama kalinya menggelar pemilihan Wakil Rektor I melalui uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) pada Senin (13/10/14) lalu yang berlangsung di Ubudiyah Plenary Hall.  Kegiatan Fit and Proper Test ini dibuka langsung Rektor  Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) Marniati SE MKes dan dihadiri oleh Ketua Yayasan Dedi Zefrizal ST dan Wakil Rektor III Jurnalis J Hius ST MBA.

Direktur Sumber Daya Manusia UUI Anhar Nasution SH MH menyebutkan kegiatan uji kelayakan calon Wakil Rektor I ini merupakan catatan sejarah tersendiri bagi UUI dan juga perguruan tinggi di Aceh pada umumnya. Adapun enam kandidat yang ikut ambil bagian pada kegiatan ini adalah Mutiawati SPd MPd, Fathiah ST MEng, Rita Nengsih SE MSi, Rifyal Dahlawy Chalil SEI MSc, Donny Arief Sumarto ST MT, dan Harri Santoso SPsi Med.

Rektor dalam sambutannya berharap melalui kegiatan uji kepatutan ini dapat memilih satu kandidat yang layak dan memiliki kompetensi dalam memimpin dan mengkoordinir sejumlah direktorat di bawah Wakil Rektor I diantaranya, Direktorat Pangkalan Data, Direktorat Akademik, Badan Penjaminan Mutu, dan keenam Fakultas yang ada di UUI. Dan yang paling strategis adalah bagaimana kandidat Wakil Rektor I terpilih nantinya mampu bekerja untuk mewujudkan Visi UUI 2025 menjadi World Class Cyber University (WCCU) dalam penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi.

Lebih lanjut, Rektor juga menjelaskan tentang tantangan yang bakal dihadapi UUI ke depan dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Oleh karena itu, figur yang terpilih nantinya selain memiliki perspektif dan wawasan yang kuat tentang akademik, bagaimana menghidupkan budaya akademik serta memahami tentang implikasi Masyarakat Ekonomi ASEAN terhadap posisi UUI di tengah-tengah pesatnya upaya internasionalisasi pendidikan tinggi di kawasan ASEAN.

“Ke depan perguruan tinggi asing akan leluasa untuk menjalakan operasionalnya di Indonesia khususnya di Aceh. Pertanyaannya, di mana posisi UUI nanti, strategi apa yang bisa dilakukan untuk menghadapi berbagai kemungkinan tersebut,”urai Rektor ketika memberikan briefing kepada keenam kandidat Wakil Rektor I tersebut.

Sejumlah panelis yang dihadirkan untuk menguji kelayakan para kandidat antara lain Wakil Rektor III Jurnalis ST MBA, Zenitha Maulida SE MM, Rahmayani SKM MKes, dan Zafrina SPd. Seusai uji kelayakan, para kandidat bakal mengikuti tahapan berikutnya yaitu interview dengan Rektor dan Wakil Rektor I UUI.