UUI Hadir di Forum Universitas Hungaria

Logo UUI

Rektor UUI Marniati SE, MKes dan Wakil Rektor III Jurnalis ST MBA menghadiri pertemuan dengan  Pimpinan dari 11 Perguruan Tinggi Hungaria. Acara yang digelar Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) menghadirkan  University of Debrecen; Eszterhazy Karoly College; University of Kaposvar; University of Miskole; University of West Hungary; University of Pecs; University of Szeged; University Semmelweis; University Cowinus; Central European University; Budapest Business School-Applied University.

Kegiatan yang digelar  di Hotel Kartika Chandra, Jakarta 7 November 2014 lalu ini dihadiri oleh Duta Besar Hungaria untuk Indonesia  David Ambrus, Atase Kedubes Indonesia di Hungaria, APTISI, Ditjen Dikti dan sejumlah Rektor PTS di Indonesia. Pada pertemuan ini ke-11 universitas tersebut memaparkan berbagai program dan keunggulan masing-masing di bidang pendidikan dan riset, serta peluang beasiswa Erasmus+.

Rektor UUI, Marniati MKes mengatakan UUI sangat mengutamakan hubungan kerjasama dengan universitas dari berbagai negara di dunia agar kita bisa saling belajar keunggulan masing masing untuk memudahkan UUI memajukan aceh dan indonesia. Kerjasama ini juga menjadi jembatan bagi dosen dan mahasiswa UUI untuk bisa go international.

Pada pertemuan itu, UUI sebagai satu satunya perwakilan dari Aceh berhasil menjalin hubungan kerjasama dengan 8 universitas di Hungaria dalam kaitannya mengadakan joint research dan publication serta lecturer and leader exchange. Sebelumnya pada tahun 2013, UUI sudah menjalin kerjasama dengan University of PECs, Budapes Business School dan University of Semmelweis.

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri APTISI George Iwan Marantika MBA menjelaskan bahwa hubungan PT Hungaria dan Indonesia baru dimulai tahun 2013. Saat itu sejumlah rektor PTS Indonesia mengadakan MoU dengan sejumlah perguruan tinggi negeri Hugaria di Kota Budapest. Diharapkan dengan adanya hubungan ini akan semakin banyak yg bisa dipelajari dari antara dua negara ini.

Wakil Rektor III Jurnalis ST MBA mengatakan bahwa setiap kerjasama yang dilakukan UUI akan dijadikan sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dan kepakaran dengan mitra dari berbagai Negara. Dengan demikian, dosen  UUI punya pemikiran  global dan mentransfer kepakarannya kepada mahasiswa di Aceh, pada gilirannya mahasiswa pun punya pemikiran global.