Wisuda Angkatan II: UUI Luluskan 362 Sarjana dan Diploma

Sebanyak 362 lulusan sarjana Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) mengikuti prosesi wisuda yang berlangsung di AAC Dayan Dawood Darussalam, Kamis (30/10) silam. Prosesi wisuda dipimpin  Rektor UUI Marniati SE MKes yang bertindak sebagai Ketua Senat. Wisuda sarjana dan Diploma UUI kali ini merupakan angkatan kedua setelah perguruan tinggi ini resmi mendapatkan SK Kemendikbud pada April 2014 lalu.

Rektor UUI dalam sambutannya menyampaikan beberapa pencapaian yang sudah raih UUI dalam kancah internasional selama periode enam bulan terakhir. Realisasi kerjasama dengan 14 universitas di kawasan ASEAN dan bahkan Asia merupakan satu refleksi kesuksesan UUI dalam menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi di luar negeri. Dengan kata lain, perguruan tinggi luar negeri tidak hanya sekedar melirik keberadaan UUI tetapi mereka juga terkesan dan ingin membangun kerjasama akademik dengan UUI.

Ke-14 kerjasama itu kata Rektor direalisasikan dalam forum pertemuan rektor se-Asia atau lebih dikenal dengan Asia University Presiden Forum (AUPF) 2014 yang berlangsung di Christian University of Thailand (CUT) pada 22-26 Otober 2014 lalu. Diantara Universitas yang bersedia menjalin kerjasama dengan UUI antara lain Bangkok University, Bicol UniversityUniversity of Santo Thomas, Ourlady Fatima University, Build Bright University (Kamboja), Vellore Institute of Technology (India), Dongseo University, serta tindak lanjut kesepakan kerjasama dengan Daffodil International University dan Phillipine Normal University (PNU).

Kerjasama ini bisa diwujudkan hanya dalam tempo enam bulan saja. Saya yakin dengan keberadaan dosen dan staf yang masih muda-muda UUI pada tahun 2025 visi UUI sebagai World Class Cyber University dapat diwujudkan,”papar Rektor seraya menambahkan pada tahun yang sama juga UUI akan mencetak 10 profesor muda. Dengan meraih gelar profesor di usia muda, maka kontribusi dosen UUI kepada bangsa Indonesia ini akan lebih maksimal.

Pada kesempatan itu, Rektor juga meyakinkan kepada para sarjana dan orang tua yang hadir ke AAC mengenai berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan dari kerjasama internasional yang dibangun UUI saat ini. Beberapa diantaranya adalah peluang mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bahkan untuk dimagangkan di luar negeri. “Ke depan mahasiswa kita akan kita arahkan untuk mengadakan kuliah kerja nyata di luar negeri. Degan adanya kerjasama dan jaringan kerja internasional ini, insya Allah hal akan sangat mudah untuk kita wujudkan,”tanda Rektor yang kerap tampil berpidato tanpa teks. 

Lebih lanjut Rektor juga menyampaikan berbagai rencana UUI pada tahun 2015 mendatang, selain akan mengadakan dies natalis yang pertama UUI juga mengagendakan penyelenggaraan konferensi internasional hasil kerjasama UUI, Unimap dan AIT Irlandia. Tahun depan UUI juga akan menggelar pekan kreativitas dan eksebisi teknologi dengan melibatkan sekolah-sekolah yang ada di Aceh.

Pembukaan wisuda juga dimeriahkan dengan penampilan Sanggar Ubudiyah Indonesia Heritage  yang mementaskan tarian Ratouh Jarou, tarian Likok Pulo dan penampilan Paduan Suara UUI. Selain itu, ada juga pemutaran film dokumenter penerima beasiswa zakat Yayasan Ubudiyah Indonesia. Di sela-sela penyerahan ijazah, Rektor juga menyempatkan diri untuk melantik para wisudawan dan menyerahkan tanda kehormatan kepada wisudawan yang lulus dengan predikat cum laude.

Ketua Panitia Wisuda Jummaidi Saputra SH MH dalam laporannya menyampaikan dari 362 wisudawan itu, sebanyak 23 diantaranya dari Program S1 Sistem Informasi,  74 dari Program S1 Teknik Informatika, 3 dari Program D-III Manajemen Informatika, 5 dari Program D-III Komputerisasi Akuntansi, 8 dari Program S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat,  163 dari D-IV Kebidanan, dan  86 D-III Kebidanan.