Sosialisasi e-learning untuk akademisi di lingkungan UUI

logouui

Dalam rangka mensosialisasikan pemanfaatan sistem manajemen pembelajaran online (E-Learning) bagi kalangan akademika Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI), tim Direktorat Cyber Development Center (DCDC) UUI menyelenggarakan kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi moodle sebagai salah satu LMS (Learning Management System) berbasis open source  pada hari Selasa (16/12) di Laboratorium Komputer UUI.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya tim DCDC UUI untuk memperkenalkan sistem pembelajaran online khususnya yang berbasis open source kepada kalangan staf pengajar UUI dalam rangka mendukung cita-cita UUI menjadi salah satu Universitas Cyber terkemuka di Indonesia bahkan dunia.

Moodle merupakan salah satu LMS yang telah digunakan secara masif oleh universitas-universitas di Indonesia dan bahkan dunia. Karena sifatnya yang open source, sistem ini berkembang dengan cepat dimana pengguna bisa turut serta mengembangkan sistem sesuai dengan kebutuhan institusi pendidikan terkait. Selain itu, sistem ini juga mudah dikelola secara administratif serta mudah digunakan oleh mahasiswa dan dosen  dalam proses belajar mengajar (user friendly).  

Untuk tahap pertama sistem ini hanya akan diterapkan di dua prodi terlebih dahulu yaitu prodi Sistem Informasi (SI) dan prodi Teknik Informatika (TI), khususnya untuk program non-reguler. Nantinya penggunaan sistem ini akan diterapkan secara menyeluruh pada prodi-prodi lainnya di lingkungan UUI

“Kita berharap dalam beberapa bulan ke depan pemanfaatan sistem ini akan diterapkan secara menyeluruh di kampus UUI, sehingga  proses pembelajaran di dalam dan luar kelas dapat berlangsung secara jauh lebih efektif dan efisien,” tukas Direktur Direktorat DCDC UUI, Zuhar Musliyana saat ditemui di ruang kerjanya.

Peserta pelatihan yang umumnya terdiri dari kalangan staf pengajar UUI tersebut sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, hal ini terlihat dari begitu besarnya keingintahuan peserta tentang penggunaan dan pemanfaatan sistem ini.

Melalui kegiatan ini para peserta diharapkan dapat memahami cara penggunaan dan pemanfaatan sistem tersebut sehingga penerapannya dapat berlangsung secara maksimal. [zm]