Rektor UUI : Implementasi Renstra Harus Efektif

logouui

Kunci utama kesuksesan suatu organisasi adalah bagaimana memastikan   rencana yang telah disusun dapat diimplementasikan dengan penuh komitmen, efektif dan tepat sasaran. Sebab, fakta menunjukkan bahwa 70 persen kegagalan suatu institusi lebih disebabkan karena buruknya kinerja dalam mengimplementasikan rencana yang ada, sehingga kerap menghasilkan output yang tidak berorientasi pada pencapaian visi dan misi. Oleh karena itu, Rencana Strategis (Renstra) yang  sudah disusun oleh direktur, dekan dan ketua program studi haruslah diimplementasikan dengan baik, efektif dan tepat sasaran.

Pernyataan itu dikemukakan Rektor UUI Marniati SE MKes ketika menutup pelaksanaan Rapat Koordinasi Rencana Strategis Direktorat, Fakultas dan Program  Studi di lingkungan UUI yang berlangsung di Ubudiyah Plennary Hall, Rabu (31/12/2014). Rektor kemudian mengungkap bagaimana ihwal dibalik suksesnya pengelolaan Ubudiyah selama satu dekade terakhir.

“UUI bisa hebat dalam 10 tahun terakhir, karena UUI bekerja 3 kali kebih kuat dari yang lain. UUI tidak punya angaran besar, mahasiswa tidak banyak tapi bisa bergerak maju. Dan terus melalukan perbaikan dan menjadi yang terbaik,”papar Rektor bersemangat.

Rektor mencontohkan bagaimana kiprah universitas hebat di Amerika dan Inggris yang sudah menyandang predikat nomor wahid sedunia  sekalipun, masih perlu bekerja keras untuk mengilapkan kualitasnya dan mengasah daya saingnya, sehingga mereka tetap bertahan di posisi mereka sampai hari ini. Konon lagi UUI, untuk meraih posisi yang setara dengan ITB, UGM dan UI dalam 10 tahun ke depan tentu saja tidak mungkin dicapai dengan usaha seadanya. Supaya UUI bias setara dengan universitas top nasional, Rektor mengajak semua pihak di UUI untuk bekerja lebih giat dan kuat.  

Dalam momentum refleksi akhir tahun, Rektor juga mengingatkan kepada semua jajaran di UUI untuk senantiasa mensyukuri atas pencapaian yang telah diraih pada tahun sebelumnya. Kemudian perlu membuat resolusi untuk mewujudkan pencapaian yang lebih baik lagi pada tahun 2015 nanti.

“Untuk setahun yang sudah berlalu, perlu kita refleksikan  apa yang patut kita sukuri dan apa yg harus kita tinggalkan. Kebiasaan buruk, malas berfikir, suka menunda-nunda pekerjaan, dan  tidak focus, segera tinggalkan. Ayo berubah untuk yg lebih!. Selalu baca, baca, baca, pikir, pikir, pikir, kerja, kerja dan kerja,”pesan Rektor lagi.

Terhadap Renstra yang telah dipaparkan oleh para direktur, dekan, dan ketua program studi Rektor menyebutkan bahwa muatannya telah disusun berdasarkan empat elemen penting yaitu,  Pengembangan dan Pertumbuhan, Proses Internal, Stakeholder, dan Keuangan (Shareholders Value). Dan fokus utama UUI ke depan, dalam jangka pendek, adalah meraih akreditasi A untuk program studi dan institusi, menghasilkan lulusan yang siap kerja di level internasional. Sementara focus jangka menengah adalah meraih rating 4-Star untuk QS Star dan meningkatkan jumlah publikasi internasional bagi dosen UUI.