Top Scientist Malaysia Sharing Pengetahuan ke Dosen UUI

Bertempat di Ubudiyah Plenarry Hall, Rabu (7/1/2015) dosen UUI dari sejumlah program studi mendapat kesempatan emas untuk berdikusi langsung dengan Top Scientist Malaysia Dr Mustafa Al-Bakri Abdullah. Diskusi yang dipimpin Wakil Rektor III UUI Jurnalis J Hius MBA ini focus untuk membekali dosen UUI tentang strategi untuk menembus jurnal internasional terindeks Scopus.  

Untuk bisa tembus ke Jurnal yang terindeks scopus memang tidak mudah, kata Mustafa, tetapi bukan tidak mungkin. Makalah atau laporan hasil riset yang didaftarkan ke jurnal tersebut adalah hasil riset yang bernilai tinggi ,Di samping itu, gramatika penulisannya juga harus sempurna. Mustafa memaparkan sejumlah strategi pada dosen uui penting supaya artikel maupun laporan hasil riset riset dapat dimuat di jurnal terindeks Scopus.

Dalam pertemuan itu, Mustafa juga menjelaskan bagaimana kiprahnya dalam menghasilkan 128 artikel yang terindeks Scopus. Artikel tersebut ditulisnya dalam bidang sains material dan geopolymer. Dari hasil penelitian itu pula ia berhasil mengumpulkan grant (dana) riset dari berbagai lembaga termasuk dari KACST Arab Saudi dalam pengembangan geopolymer. Sebagai motivasi, Mustafa juga mengatakan bahwa mahasiswa PhD bimbingannya setidaknya mampu menghasilkan 6-7 artikel yang masuk ke jurnal terindeks Scopus. Dari berbagai hasil riset dan inovasi yang dihasilkannya Dr Mustafa mendapat anugerah sebagai Top Research Scientist Malaysia 2013.

Di tempat terpisah RektorUUI Marniati.M.kes mengatakan optimis akan menghasilkan 100 Artikel dosen UUI akan menembus jurnal internasional yang terindeks Scopus dan DOAJ pada tahun 2015 ditambah lagi riset yang dilakukan kedepan akan melakukan joint dengan dosen dosen kerjasama dari asia.