UUI Fasilitasi Perawatan dan Pemulangan Dosen dan Mahasiswa USM Penang

Rektor UUI sedang melawat Dosen USM di rumah sakit Ubudiyah

foto-foto selengkapnya

Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) membantu perawatan dan pemulangan para dosen dan mahasiswa Universiti Sains Malaysia (USM) yang mengalami musibah di Geumpang, Rabu (11/3) yang lalu. Setelah sempat menjalani perawatan di RSUD Tgk Chik Di Tiro, Sigli (12/3), seluruh rombongan dosen dan mahasiswa yang selamat dari musibah dibawa ke Banda Aceh untuk menjalani perawatan lanjutan  di Rumah Sakit Ubudiyah.

Rektor UUI Marniati SE MKes menyatakan perihal keberadaan mahasiswa dan dosen USM di RS Ubudiyah sudah dikomunikasikan ke Vice Chancellor USM Prof Dr Datuk Omar Osman. Sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka yang terkena musibah, Rektor menambahkan UUI juga memfasilitasi pemulangan mereka ke Penang melalui Bandar Sulthan Iskandar Muda.

“Alhamdulillah berdasarkan hasil pemeriksaan dokter di RS Ubudiyah, tiga dosen yang mengalami luka dan cederah dibenarkan untuk terbang. Hanya saja, setiba di Penang, mereka harus mendapatkan perawatan lebih lanjut,”papar Rektor Jumat (13/3/15) sesaat sebelum melepas para rombongan dosen dan mahasiswa USM bertolak ke Bandara SIM.

Rektor UUI menambahkan dirinya  mendapatkan informasi mengenai peristiwa nahas yang menimpa sivitas akademika USM ini berdasrkan informasi  dari Vice Chancellor Unimap Datuk Prof Dr Kamarudin Hussin. Datuk Kamarudin yang juga mantan Dekan School of Material Engineering USM ini menanyakan perihal salah seorang koleganya yang turut serta dalam rombongan itu, yaitu Dr Norlia. Datuk Kamarudin kemudian meminta bantuan Rektor UUI untuk membantu perawatan dan pemulangan beliau. Bahkan Vice Chancellor USM Prof Dr Datuk Omar Osman juga menelepon langsung   Rektor UUI untuk meminta mahasiswa dan dosennya dibantu untuk mendapatkan perawatan selama di Banda Aceh.

“Dari permintaan Datuk Omar, saya dan Pak Dedi mengarahkan supaya mereka di bawa ke Banda Aceh, dirawat di RS Ubudiyah semalam. Esoknya bisa langsung pulang ke Penang melalui Bandara SIM. Sebab, kalau harus dibawa pulang melalui Medan kita khawatir bisa membuat mereka kurang nyaman nantinya,”kata Rektor.

Diberangkatkan ke Penang

Pemulangan rombongan dosen dan mahasiswa USM ke Penang Jumat (13/3/15) kemarin berjalan lancar, kendati  sempat mengalami delay hingga satu jam. Keterlambatan ini disebabkan, pesawat Firefly baru tiba di Bandara SIM sekitar pukul 13:30.Intan Moenirah, salah seorang pelajar dari USM harus dipandu dengan kendaraan Ambulan untuk memasuki kapal. Kendati sempat menunggu hingga satu jam, Intan pun akhirnya berhasil diboyong ke pesawat. Pemulangan ini dikoordinir langsung oleh Atase Pendidikan Malaysia Maximilian Tariq Conrad dan Wakil Rektor III UUI Jurnalis ST MBA, dan jajaran FT Unsyiah.

Keberangkatan mereka dilepas oleh Dosen UUI, para Dekan FT Unsyiah, Perkumpulan Mahasiswa Malaysia di Aceh, Alumni USM Aceh, perawat RS Ubudiyah dan Atase Pendidikan Malaysia.