UUI Inisiasi Kerjasama dengan Sejumlah RS di Penang

Dalam rangka peningkatan komptensi dan kapasistas mahasiswa, Universitas Ubudiyah Indonesia menjajaki peluang kerja praktik ke sejumlah rumah sakit di Penang, Malaysia. Untuk itu, Selasa (3/3/15) lalu delegasi UUI yang terdiri dari Wakil Rektor III UUI Jurnalis ST MBA dan Direktur Kerjasama dan Entrepreneurship Ferdi Nazirun Sijabat SE, MSc.Mgt

Dalam lawatan ke sejumlah rumah sakit, Jurnalis menyampaikan tentang aspirasi UUI dalam menjajaki kerjasama dengan sejumlah rumah sakit di Penang. Pemiliha Penang sebagai lokasi tempat praktik bagi mahasiswa UUI tidak terlepas dari peran penting sector medical tourism di daerah ini. “Kita menyadari bahwa Penang sudah menjadi satu destinasi medical tourism penting di Asia Tenggara. Kita ingin bekerjasama lebih erat dengan jajaran rumah sakit di Penang, supaya mahasiswa UUI mendapat peluang untuk merasakan iklim kerja dan pengalaman kerja praktik di luar negeri,”tukas Jurnalis.

Ditambahkannya, inisiatif kerjasama degan institusi penyedia kerja di luar negeri ini juga sejalan dengan upaya internasionalisasi yang dikerjakan UUI dan visi menjadi World Class Cyber University pada 2025.

Selama di Penang, delegasi UUI mengadakan kunjungan ke sejumlah rumah sakit guna menjajaki peluang kerjasama, diantaranya Pantai Hospital, Lam wah Ee Hospita, Tanjung Medical Centre, Penang Adventist Hospital, dan Tropicana Medical Centre.

Dari lawatan tersebut, proposal kerjasama yang ditawarkan UUI mendapat sambutan positif dari sejumlah rumah sakit. Hanya saja, untuk penyelenggaraan kerja praktik bagi mahasiswa bidang kesehatan dari luar negeri Malaysia, harus  melalui sejumlah prosedur, diantaranya persetujuan dari kementerian kesihatan Malaysia dan pengurusuan visa pekerja profesional. Persetujuan dari Menteri Kesihatan Malaysia, menurut Human Resource Manager Pantai Hospital diperlukan untuk mengetahui kompetensi para pelajar dan bidang tugas yang sesuai bagi pelajar tersebut di rumah sakit tempat menjalankan praktik.  Namun untuk prosedur yang lebih mudahnya adalah melalui kerjasama dengan rumah sakit pendidikan yang ada di sejumlah universitas di Malaysia.