Sanggar Tari Ubudiyah Akan Tampil di Malam Citra Budaya Unimap Malaysia 2015

sanggar tari UUI

Sanggar Ubudiyah Indonesia Heritage yang terdiri dari para mahasiswi UUI, akan tampil pada pentas Malam Citra Budaya menyambut hari Keputeraan Raja Perlis yang ke 72 di Universiti Malaysia Perlis (Unimap) 2015 di Perlis, Malaysia. Rektor UUI Marniati SE, MKes menyatakan kehadiaran para penari UUI ini merupakan undangan dari Vice Chancellor Unimap Brigjen Datuk Prof Dr Kamarudin Hussin dan Tuanku Raja Muda Perlis DYTM Syed Faizuddin Putra Ibni Syed Sirajuddin Jamalullail.

Sanggar tari binaan Rektor UUI Marniati SE MKes dijadwalkan akan mementaskan dua tarian Aceh yaitu Ratoh Jarou dan Tarek Pukat. “Anak-anak sanggar kali ini mendapat kesempatan lagi untuk tampil di Malaysia pada even yang berbeda. Ini merupakan undangan resmi dari Datuk Kamarudin dan Tuaku Raja Muda Perlis. Harapan kita penampilan tim sanggar Ubudiyah ini nanti dapat lebih mendekatkan masyarakat Malaysia dengan khazanah budaya Aceh,”papar Rektor didamping Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Jummaidi Saputra SH MH, Ketua Prodi DIII Kebidanan Nuzulul Rahmi SST dan Kaprodi IKM Rahmayani SKM MKes di sela-sela latihan sanggar tari di Ubudiyah Plenary Hall Sabtu (23/05/15).

Sebanyak 10 penari dibawah arahan Syeh Muda Aris Munandar ini akan bertolak ke Malaysia Senin, 25 Mei 2015 melalui bandara Sultan Iskandar Muda ke Pulau Pinang. Mereka dijadwalkan tampil pada malam 27 dan 28 Mei 2015. Sejauh ini para penari terus melatih kekompakan gerakan dan ritme untuk masing-masing tari yang akan dipentaskan nantinya. Sementara itu, Ketua Yayasan Ubudiyah Indonesia Dedi Zefrizal menyatakan penampilan tim tari UUI di Malam Citra Budaya memperingati hari Keputeraan Raja Perlis yang ke-72, ini merupakan untuk ke tiga kalinya, setelah sebelumnya mereka juga diundang untuk tampil pada Konvokesyen Unimap, dan pada malam pembukaan Asian University President Forum (AUPF ) di Nakhom Pathom, Thailand tahun 2014 silam. Sebagai Ketua Yayasan kata Dedi, dirinya terus memberikan dukungan penuh bagi kegiatan pertukaran budaya antara kedua negara. “Diharapkan melalui kegiatan pertukaran budaya ini akan mampu meningkatkan persaudaraan dan saling memahami diantara negara jiran Malaysia dengan Indonesia, khususnya Aceh,”tuturnya.

Panggung Malam Citra Budaya Unimap 2015 ini juga menjadi ajang kehormatan bagi tim tari UUI karena mereka akan tampil dihadapan para rektor dari sejumlah universitas di Malaysia serta para petinggi kerajaan negeri Perlis.