Tiga Puluh Artikel Dosen UUI Diterima Jurnal Internasional

30 artikel dosen Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) yang didaftarkan pada konferensi IJCIMBI diterima di sejumlah jurnal internasional. Rektor UUI Marniati SE MKes menyatakan hasil tersebut sebagai sinyal positif terhadap perkembangan penelitian di lingkungan UUI. Dikatakannya, keseluruhan artikel tersebut diterima untuk diterbitkan dalam jurnal internasional yang terindeks Scopus dan Google Scholar.

“Meskipun kita baru tumbuhkan minat meneliti di kalangan dosen UUI pada tahun pertama, namun hasilnya sudah cukup positif untuk dikembangkan. Apalagi dosen kita umumnya masih muda-muda, bahkan ada yang baru berusia 23 tahun, jadi masih semangat dan sudah menghasilkan artikel untuk jurnal internasional,”papar Rektor Jumat (29/5) sekembali dari satu lawatan ke Malaysia.

Dalam hal publikasi internasional, Rektor menambahkan bahwa UUI akan mengadopsi berbagai strategi dan program-program yang terbukti sukses diterapkan di sejumlah negara. Misalnya, dengan menyumbang artikel ke Scopus. Hal ini katanya sebagai bentuk dukungan dalam meningkatkan jumlah artikel dari Indonesia yang terindeks Scopus di level dunia. Tahun depan ditargetkan dosen UUI dapat mempublis 150 artikel dalam jurnal internasional terindeks Scopus.

Sementara itu, dalam bidang kerjasama penelitian dengan Unimap akan terus diperkuat yang dimulai pada tahun depan melalui penandatangan kontrak secara resmi. Kerjasama penelitian ini sudah digagas sejak Maret 2015, saat ini kedua belah pihak sedang merumuskan berbagai kebijakan terkait dengan bidang-bidang riset unggulan serta sumber daya peneliti yang akan dilibatkan. Diharapkan kerjasama penelitian ini nantinya akan memberikan hasil yang positif bagi kedua universitas dan masyarkat di Aceh dan Perlis.