Tingkatkan Kualitas UUI Angkat 10 Visiting Professor

Rektor UUI Gaet i-SYNERGY Cetak Digipreneur Aceh

Dalam rangka peningkatan kualitas dan reputasi akademikRektor Universitas UbudiyahI Indonesia Marniati SE MKes melantik 10 profesor tamu (visiting professor) yang akan menjadi pengajar di UUI. Mereka yang diangkat ini masing-masing terbagi dalam tiga kepakaran yaitu Ekonomi, Teknik dan Ilmu Sosial. Ke-10 profesor tamu ini dilantik dalam dua kegiatan terpisah yaitu pada pembukaan konferensi IJCIMBI dan Dies Natalis UUI ke-1 akhir April lalu.

Tiga diantaranya adalah pimpinan universitas yaitu President Athlone Institute of Technology Prof. Dr. Ciaran OCathain untuk bidang ekonomi dan bisnis, Mr. Md. Sabur Khan Chairman Daffodil International Uninversity (DIU) Bangladesh dalam bidang IT dan Entreprenuership, CEO Proven Group Datuk Jusof Jusoh untuk bidang Entrepreneurship dan Komisaris Independen PT Pelabuhan Indonesia I Prof. Ir. Muhammad Nawawy Loebis PhD dalam bidang Arsitektur.

Enam lainnya terdiri dari professor tamu dari Universiti Malaysia Perlis (Unimap) yaitu Prof. Dr. Harshinta Aini Haroon, Datuk Prof. Dr. Salleh Din, Prof. Madya. Che Ruzaidi Ghazali, Prof. Madya. Dr Rizal Affande Che Ismail,dan Prof. Madya. Dr. Huzili Hussin serta Guru Besar UIN Ar-Raniry yang juga Ketua Kopertis Wiayah XIII Aceh Prof Dr. Jamaluddin Idris MEd  dilantik sebagai professor tamu UUI dalam bidang pendidikan.

Keberadaan professor tamu ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan di kampus UUI. “Kita memberikan apresiasi kepada para professor tamu UUI dari sejumlah universitas dalam dan luar negeri. Kita harapkan mereka dapat memberikan transfer pengetahuan dan kepakaran kepada mahasiswa maupun dosen-dosen kita di UUI,”kata Rektor.

Karena itu, Rektor berharap keberadaan professor tamu ini akan mampu mengangkat reputasi akademik UUI di tahun-tahun mendatang. Upaya peningkatan reputasi akademik ini kata Rektor sejalan dengan strategic statement UUI  I+LEADER, sehingga dapat memberikan kontribusi dalam upaya UUI meraih akreditasi international QS Star dan mewujudkan visi World Class Cyber University pada tahun 2025.

Senada dengan RektorKetua Yayasan Ubudiyah Indonesia Dedi Zefrizal ST menyatakan dirinya sangat apresiatif terhadap inisiatif Rektor mengangkat professor tamu. “Ini satu terobosan yang bagus. Karena ke depan mahasiswa UUI berkesempatan untuk menggali pengetahuan dari para professor dari dalam dan luar negeri,”papar Dedi.