Rektor UUI : Peningkatan SDM Penting untuk Kelola SDA Aceh

Peningkatan kualitas sumber daya manusia di Aceh menjadi isu sentral terutama terkait dengan bidang pengelolaan sumber daya alam di daerah ini. Keberadaan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan sesuai dengan kebutuhan daerah dalam hal pengelolaan sumber daya alam akan menjadi penentu keberhasilan Aceh dalam pengelolaannya di masa mendatang. Hal itu dikemukakan Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia Marniati SE MKes ketika tampil sebagai pemateri pada seminar bertemakan ” Memupuk Rasa Kebangsaan dan Kesadaran Bernegara Serta Menciptakan Kedamaian di Aceh” yang digelar Laskar Cut Nyak Dhien bekerjasama dengan Universitas Ubudiyah Indonesia, Kamis, 11 Juni 2015.

Rektor juga menyebutkan bahwa sebanyak apapun potensi sumber daya alam yang ada di Aceh tidak akan mampu menjamin kesejahteraan bagi masyarakat, jika dalam pengelolaannya tidak didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia lokal yang professional. “Pengalaman ini sudah kita rasakan selama beberapa dekade terakhir. Dan untuk ke depan saya pikir konsep pengelolaan sumber daya alam harus dibarengi dengan ketersediaan sdm yang mumpuni, supaya ke depan kita  dapat berharap banyak dari pengelolalaan sumber daya alam di Aceh,”papar Rektor.

Menurutnya, dunia pendidikan merupakan solusi yang akan menjadi solusi bagi persolan kompetensi sumber daya manusia di Aceh saat ini. Hal yang perlu dilakukan ke depan adalah dengan memberikan perhatian khusus bagi dunia pendidikan, sehingga pengembangannya ke depan lebih terarah. Diperlukannya satu pemetaan mengenai sebaran SDM dan kebutuhannya bagi masa depan Aceh berdasarkan rencana strategis Pemerintah Aceh.

Pada sisi lainnya perguruan tinggi juga perlu mendidik dan membekali lulusannya dengan kualitas dan karakter yang positif dalam membangun bangsa. Keberadaan mereka diharapkan mampu berkontribusi bagi perdamaian dan menghindari dari perpecahan. Seminar sehari yang digelar Laskar Cut Nyak Dhien dan UUI ini menghadirkan tiga narasumber Tgk. Muhammad Yus, Murni Mard MM dan Rektor UUI Marniati SE MKes dan dimoderatori oleh Dra Hj. Rukaiyah Ibrahim Nain. Seminar ini dibuka oleh Ketua Laskar Cut Nyak Dhien Aceh Yuniati MM.