110 Bidan Ikut Dilatih Metode OSCA

Sebanyak 110 bidan ikut berpartisipasi dalam Pelatihan Observer Uji Kompetensi Bidan Metode Objective Structured Clinical Assessment (OSCA) yang  digelar Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) 30 Juni – 1 Juli 2015. Pelatihan ini dibahani   Henny Puji W MKeb dan Yuni Kusmiati MPH dari Politeknik Kemenkes Yogyakarta.

Pada pelatihan ini, para bidan dibekali sejumlah pemahaman dan pengetahuan praktis tentang praktik kebidanan menggunakan metode OSCA. Untuk pemantapan menghadapi uji kompetensi, para peserta juga difasilitas melakukan analisis soal-soal yang akan muncul pada saat uji kompetensi.  Kegiatan pelatihan ini juga menjadi sarana untuk persiapan para bidan mengikuti Uji Kompetensi Kebidanan. Ketua Panitia Ulfa Farrah Lisa SST MKeb menyatakan pelatihan ini rutin digelar setiap tahunnya. “Meskipun pelaksanaan Pelatihan OSCA kali ini digelar dalan bulan Ramadan, namun antusiasme peserta cukup tinggi,”paparnya. 

Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia Marniati MKes dalam keterangannya menyebutkan bahwa pelatihan motede OSCA bagi bidan ini merupakan tuntutan bagi profesi bidan dewasa ini. UUI sebagai universitas yang ikut meluluskan tenaga kebidanan memiliki tanggung jawab professional dan akademik untuk meningkatkan kapasitas bidan. Rektor menambahkan bahwa pelatihan metode OSCA ini merupakan salah satu keunggulan bagi progam D-IV Kebidnan UUI. Diharapkan melalui pelatihan ini kapasitas dan profesionalitas para bidan dapat ditingkatkan dan memenuhi standar secara nasional.

Metode OSCA Kebidanan merupakan alat uji kompetensi professional tenaga kebidanan yang meliputi pengetahuan, keahlian berkomunikasi, keahlian pemeriksaan fisi, interpretasi dan analisis hasil pemeriksaan diagnostic, kemampuan mendiagnosa dan perilaku hubungan interpersonal. UUI merupakan perguruan tinggi pertama yang memperkenalkan metode ini di Aceh.