Rektor UUI Resmikan Portal E-Learning se-Asia di Korea Selatan

Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUIMarniati SE MKes didampingi Ketua Yayasan Ubudiyah Indonesia Dedi Zefrizal dan pimpinan universitas lainnya ikut meluncurkan portal pembelajaran secara online (e-learning) Global Access Asia yang dihelat di kampus Dongseo University, Busan,  Korea Selatan, Senin (24/8). Kegiatan  peluncuran yang dipimpin oleh Presiden Dongseo University Prof Dr Jekuk Chang itu berlangsung meriah dan diikuti oleh 20 rektor universitas dari sejumlah negara di Asia.


Peluncuran ini menandai dimulainya sistem perkuliahan online dengan berbagai materi perkuliahaan di kalangan universitas Anggota Asian University President Forum (AUPF). Universitas Ubudiyah Indonesia merupakan satu-satunya wakil Aceh di GAA ini. Platform e-learning yang dikembangkan oleh Dongseo University ini memungkinkan mahasiswa dan dosen di Indonesia misalnya berbagi konten pembelajaran dengan dosen dan mahasiswa di kawasan Asia yang menjadi partisipan GAA.


Dalam paparannya di sesi diskusi usai peluncuran GAA, Rektor UUI Marniati MKes memberikan apresiasi atas inisiatif Dongseo University . Pengembangan e-learning kata Rektor akan menguntungkan bagi banyak pihak dalam kemudahan akses dan membuka kesempatan belajar yang lebih luas. Dengan platform ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kalangan universitas-universitas Asia yang menjadi anggota GAA.  UUI sebagai partisipan GAA, akan menjadikan platform ini sebagai satu fasilitas unggulan dalam meningkatkan daya saing dan mutu pembelajaran yang setara dengan universitas terkemuka lainnya di Asia.


Pada kesempatan itu, Rektor UUI bersama Rektor dan Presiden universitas lainnya –yang menjadi mitra dalam GAA–ikut menandatangani nota kesepakatan multilateral untuk mengesahkan pelaksanaan perkuliahan online. Perkuliahan ini akan dimulai pada semester genap tahun ini dengan mengacu pada dua model, yaitu satuan kredit semester (credit based) dan non-sks. Untuk tahun ini UUI mengirimkan empat mata kuliah yang akan diajarkan secara onlinedi portal GAA. Keempat  mata kuliah terdiri dari  dua  mata kuliah dari Program Studi Manajemen dan dua lainnya dari Program Studi Arsitektur.
Pelaksanaan GAA ini merupakan hasil implementasi kerjasama internasional UUI dengan Dongseo University dan universitas mitra lainnya yang tergabung dalam AUPF. Melalui simpul kerjasama ini, diharapkan misi internasionalisati UUI di tingkat ASEAN maupun Asia dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan visi  menjadi World Class Cyber University.