Rektor UUI Hadiri AUPF 2015 di Guangzhou

Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUIProf Adjunct Marniati SE Mkes dan Ketua Yayasan Dedi Zefrizal ST menghadiri pertemuan tahunan Asian University President Forum (AUPF) 2015 di Guangdong University of Foreign Studies (GDUFS), Provinsi Guangzhou, Tiongkok, Jumat (6/11). Pertemuan yang dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi Guangzhou ini dihadiri oleh 129 peserta dari 68 universitas dan mewakili 23 negara.

Dari Indonesia, selain UUI, ada lima universitas lainnya dua dari Sumatera dan tiga lainnya dari Pulau Jawa. Pada even kali ini panitia juga mengundang sejumlah pimpinan universitas dari kawasan Eropa dan Amerika, diantaranya AGH University, Jagiellonian University, Conventry University, Portsmouth University, Wesminster University dan Hardings University.

Rektor UUI Marniati SE Mkes menyebutkan AUPF kali ini diisi dengan sejumlah agenda diantaranya seminar dengan tema Asia Higher Education Connectivity: Vision, Process and Approach. Isu ini menurut Rektor sejalan dengan semangat dan keinginan seluruh anggota AUPF untuk memperkuat jaringan kerjasama baik dalam bentuk kerjasama akademik seperti yang telah diimplementasikan melalui program Global Acces Asia maupun kerjasama penelitian dan konferensi ilmiah. Selain itu, Panitia AUPF juga akan meluncurkan forum mahasiswa untuk pertama kalinya yang diberi nama Asia University Student Forum (AUSF) dan peringatan HUT ke-50 GDUFS. Pada sesi terakhir juga akan dibuka sesi penandatanganan kerjasama antar-sesama anggota AUPF.

Pada kesempatan ini kata Rektor lagi, UUI juga akan menawarkan sejumlah program kerjasama kepada sejumlah anggota AUPF. Diantaranya kerjasama penyelenggaraan konferensi internasional Drugs, Social Science and Technology (Drugstech) pada tahun 2016 nanti, serta beberapa kerjasama akademik seperti pertukaran dosen dan mahasiswa. Pihaknya juga akan mengajak sejumlah universitas yang relevan dengan bidang kajian yang ada di UUIuntuk melakukan kerjasama riset terapan dalam bidang Teknologi Informasi dan Kesehatan.

“Selama ini banyak program kerjasama yang telah kita lakukan melalui jaringan kerjasama AUPF, baik itu konferensi, pameran inovasi dan yang lainnya. Umumnya, pimpinan universitas yang kita ajak kerjasama memberikan respon positif, karenanya momen AUPF ini selalu menjadi ajang bagi kita untuk menawarkan program kerjasama yang baru kepada mitra-mitra yang ada,”papar Rektor.

Tahun ini merupakan tahun ketiga keikutsertaan UUIdi AUPF sejak tahun 2013. Sebelumnya UUI juga ikut serta pada program yang sama di Malaysia dan Thailand.