UUI Raih Satu Emas dan Dua Perunggu di I-ENVEX 2016

Tiga produk inovasi UUI yang diikutsertakan pada pameran inovasi International Engineering Invention and Innovation Exhibition (I-ENVEX) 2016 di Universiti Malaysia Perlis berhasil meraih satu emas dan dua perunggu. Ketiga produk inovasi itu antara lain pembuatan ekstrak The dari Mahkota Dewa, Aplikasi Gancio dan Smartlock Adroid.

Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) marniati MKes menyebutkan ini merupakan untuk kedua kalinya UUI mengikuti pameran inovasi I-ENVEX. “Alhamdulillah pada tahun ini kita bisa mengikutkan tiga produk inovasi dan bisa meraih satu medali emas dan dua perunggu. Ini adalah medali emas pertama untuk even internasional,”papar Rektor didampingi Wakil Rektor I Mutiawati MPd dan Wakil Rektor III Donny Arief Sumarto ST MT, Selasa (12/4).

Dikatakan Rektor, pihaknya akan terus mendorong dosen dan mahasiswa untuk menghasilkan produk dan karya-karya inovatif yang dapat diperlombakan di tingkat internasional. Hal ini sejalan dengan strategi UUI untuk memperkuat inovasi dan daya saing di tingkat internasional.

Berdasarkan keputusan Dewan Juri I-ENVEX 2016, produk ekstrak teh dari buah Mengkudu untuk penanganan hipertensi yang dikembangkan oleh Ulfa Farrah Lisa SST MKeb bersama tim mahasiswa Teddy Rida, Mutia Putri dan Hesti Widari berhasil menyabet medali emas. Sedangkan produk Gancio, aplikasi pendeteksi kunci yang hilang yang dikembangkan Zalfian Ardian SKom MEng bersama Alfiz Zikra SKom, Zuhril Mulya dan Yudhi Aris Munandar berhasil menyumbang medali perunggu. Medali yang sama juga diraih UUI untuk produk Smartlock application yang dikembangkan Sarini Vita Dewi ST MEng bersama Alfi Wahyu Ramzam dan Muhammad Kasfil.


Even i-ENVEX 2016 yang dibuka Tuanku Raja Muda Perlis ini berlangsung selama dua hari dari 7-8 April 2016 di Kampus Unimap, Perlis. Kegiatan ini diikuti  400 peserta dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah menengah asal   Korea Selatan, Indonesia Kanada, Amerika Syarikat, Jepang, China, India, Turki, Rumania, Moldova, Bulgaria, Mesir, Iraq,  Thailand, Maroko, Kamboja, Poland, Taiwan dan Uni Emirat Arab.