UUI dan Tiga Universitas di ASEAN akan Gelar Konferensi Drugstech

0WE6-13CN-drugstech

Universitas Ubudiyah Indonesia akan menggelar konferensi internasional Drugs, Technology and Social Science (Drugstech) pada 30-31 Juli 2016. Kegiatan konferensi ini digelar atas kerjasama UUI dengan tiga universitas di kawasan ASEAN lainnya yaitu University Malaysia  Perlis (Malaysia), Mahasarakham University (Thailan) dan Philippine Normal University (Filipina). Petinggi dari masing-masing universitas ini juga akan hadir menjadi Keynote Speaker yaitu Rektor UUI Prof Adjunct Marniati SE MKes, Professor Emeritus Datuk Dr Kamarudin Hussi (Unimap), Prof. Preecha Pratepha, PhD (Vice President MSU) dan Dr Ester B Ogena (President PNU).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari panitia Drugstech, jumlah peserta yang telah mendaftar sudah mencapai 80 presenter, 40 persen diantaranya peserta dari luar negeri,  50 persen  dari nasional dan 10 persen peserta dari Aceh. Sejumlah presenter yang telah mendaftarkan papernya antara lain dalam bidang riset penyalah-gunaan narkotika dan zat psikotropika, riset kefarmasian, teknologi informasi dan komputer, ekonomi, manajemen, bisnis, hukum, psikologi, dan kesehatan.

Rektor UUI Prof Adjunct Marniati SE MKes dalam keterangannya mengakui hingga dua bulan menjelang penutupan, jumlah peserta yang mendaftar dari local masih kurang, dikarenakan sebagian dosen Aceh masih belum aktif meneliti dan mengikuti konferensi internasional. Beberapa kelemahan lainnya adalah kurangnya penguasaan Bahasa Inggris, hal ini harus menjadi perhatian semua pihak, sebab publikasi internasional telah menjadi indikator keberhasilan sebuah perguruan tinggi di mata dunia dan publikasi internasional juga menjadi sayarat untuk menjadi Guru Besar. Jika memiliki keterbatasan dalam hal publikasi, maka akan berdampak terhadap minimnya jumlah Guru Besar di Aceh terlebih bagi universitas swasta.