Antisipasi Corona, Rektor UUI Intruksikan Seluruh Prodi Kuliah Secara Online

rektor uui

Banda Aceh/liputaninvestigasi.com – Terkait dengan ancaman virus covid-19 yang semakin mewabah dan mengkhawatirkan seluruh masyarakat di Indonesia dan juga di seluruh Aceh. Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) dengan sigap mengeluarkan himbauan melalui surat keputusan rektor untuk meliburkan perkuliahan selama beberapa minggu kedepan dalam masa pandemic. Hal ini di lakukan sebagai bentuk komitmen UUI untuk melindungi keselamatan dan juga kesehatan dari pada seluruh para mahasiswa dan seluruh civitas kademika Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI). Senin 16 Maret 2020.

Surat edaran rektor yang berisikan poin-poin diantaranya, proses belajar tatap muka ditiadakan dan digantikan dengan metode e-learning sesuai dengan jadwal perkuliahan sebelumnya dengan absen tetap berlaku secara online, tidak adanya aktifitas di kampus untuk kegiatan apapun, menghindari apapun bentuk perkumpulan ditempat-tempat yang ramai.

Lebih lanjut selain sistem perkuliahan, surat edaran rektor tersebut juga berisikan himbauan untuk penundaan kegiatan-kegiatan ilmiah seperti acara seminar dan bentuk rapat yang melibatkan banyak orang, melarang mahasiswa dan para jajaran staf UUI untuk melakukan kunjungan keluar Negara terutama Negara-negara yang mempunyai tingkat resiko tinggi.

Surat edaran dan himbauan yang berisikan juga untuk menghentikan sementara waktu kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian kepada masyarakat maupun program mobility Student ke luar negeri. Untuk para dosen dan tenaga pendidik tetap menjalankan aktifitas seperti biasa dengan menghindari kontak langsung dan menjaga protokoler pencegahan dengan baik dan membudayakan hidup sehat dengan meningkatkan kesadaran untuk melakuka pencegahan penyebaran Virus Covid-19 dengan mengikuti langkah-langkah yang direkomendasikan kementerian kesehatan dan juga WHO.

Tidak lupa rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) juga menyarankan dan menginstruksikan untuk para staf agar tidak masuk kantor bila dalam keadaan tidak fit dan mempunyai gejala demam, batuk, flu dan segera melakukan pengobatan untuk tindak lanjutnya. Sikap sigap yang dilakukan oleh rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) Prof. Adjunct. Dr. Marniati., M.kes dalam hal proses e-learning yaitu dengan membuat rapat dengan jajaran Divisi Information and Communication Technologies ICT UUI untuk memastikan kembali berjalan nya system E-learning atau Belajar secara online dari rumah untuk para mahasiswa UUI.

Beliau menjelaskan perkuliahan menggunakan dua platform, pertama melalui system e-learning terpadu UUI dan system kedua dengan menggunakan platform V Class. Dan untuk para tenaga pengajar (dosen) sudah mempunyai akun kelas online sendiri dengan seluruh kelas asuhan sesuai dengan mata kuliah masing-masing serta sudah memberikan pengumuman langsung kepada seluruh mahasiswa di UUI.

Dimana system ini sendiri langsung diterapkan oleh para dosen, staf dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar dengan system portal yang terpadu untuk proses belajar mengajar, live classroom, asistensi, konsultasi dan proses pengumpulan tugas dan mendapatkan materi-materi perkuliahan langsung dari portal E-learning atau study classroom online.

Dengan maraknya kekhawatiran dari penyebaran dan kewaspadaan terhadap covid-19 (corona) dari pihak Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) sudah sangat siap karena hanya melanjutkan dari system belajar online yang sudah berjalan sejak tahun 2014. Salah satu mahasiswa Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) berpendapat, dengan adanya system belajar online dari rumah hal ini sangat memberikan manfaat yang luar biasa sekali untuk para seluruh mahasiswa karena disaat break libur untuk beberapa hari kedepan mahasiswa tetap bisa aktif dan mendapatkan perkuliahan dengan maksimal dan dengan tingkat keaktifan yang jauh lebih optimal.

Sebagai ahli kesehatan masyarakat prof. Adjunct, Dr. Marniati, M.kes juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, dalam situasi seperti sekarang dimana penting nya kerjasama seluruh masyarakat indonesia untuk saling menjaga dan patuh pada intruksi secara nasional supaya bisa memperkecil tingkat penularan dari virus covid-19 ini dimana untuk penyebaran virus ini sangat cepat, dan benar-benar diperlukannya pemahaman masyarakat tentang resiko dari virus covid 19, bagaimana proses penularan nya, serta hal-hal apa yang harus dihindari dan dilakukan.

“pabila ada tanda-tanda supaya masyarakat bisa segera memeriksakan kondisi kesehatannya jika mengalami gejala- gejala awal dari penyakit yang ditimbulkan oleh virus covid-19 tersebut,” pintanya.

“Harapan kita supaya seluruh lapisan masyarakat benar-benar bisa mendapatkan pemahaman yang tepat tentang informasi corona dari sumber yang terpercaya, dan yang terpenting adalah kesiapan pemerintah dalam memfasilitasi fasilitas-fasilitas kesehatan dan alat yang canggih sesuai dengan standar internasional dalam menagani pasien covid 19,” demikian ungkap Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) Prof. Adjunct. Dr. Marniati., M.kes.

sumber : http://www.liputaninvestigasi.com/2020/03/hindari-corona-rektor-uui-intruksikan.html