UUI GELAR SEMINAR NASIONAL TRIK DAN STRATEGI PENYUSUNAN BUKU BERSAMA POF. DR. SOEKIDJO NOTOATMODJO

Banda Aceh – Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) menggelar seminar nasional secara online dan sekaligus LIVE di stasiun televise UB on TV. Even bertaraf nasional tersebut yang di gelar selasa 16 juni 2020 mengusung sebuah topic/ tema yaitu ‘Trik Menulis dan mencari Penerbit Buku Ajar’ dengan pemateri Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo yang merupakan penulis akademik senior dan sekaligus Guru Besar Fakultas kesehatan Masyarakat Universitas Ubudiyah Indonesia (UI) jakarta. Seminar online yang digelar melalui webinar Zoom yang di ikuti oleh lebih dari 300 Peserta dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang berasal dari berbagai daerah di luar Aceh termasuk peserta dari pulau Jawa dan Sumatera. Semua partisipan mengakses secara langsung melalui aplikasi zoom dan juga menonton langsung dari stasiun televise UB on TV.

Para peserta dari Aceh yang di dominasi dari kalangan dosen-dosen PTS yang terwakili dari seluruh kabupaten di Provinsi Aceh. Dalam seminar tersebut Prof. Dr. Seekidjo memaparkan tentang stategi menulis mulai dari mencari ide hingga penerbitan, serta pemahaman tentang bentuk-bentuk tulisan ilmiah yang diakui dan hal-hal yang perlu dihindari dalam penulisan buku. Tidak ketinggalan menjelaskan bagaimana mencari ide-ide kreatif sebagai materi untuk penyusunan buku ajar, sumber-sumber yang bisa dijadikan untuk bahan penulisan buku. Hasil pemaparan dari pemateri dalam seminar tersebut sangat bermanfaat bagi para dosen dan juga guru serta aktivis pendidik.

Tidak ketinggalan dalam acara tersebut, Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) Prof. Adjunct, Dr. Marniati, M.Kes juga member sambutan yang menyampaikan bahwa seminar ini diperuntukan bagi dosen dan praktisi akademik yang akan menulis, sedang menulis buku untuk berbagai bidang keilmuan masing-masing. Acara ini diselengarakan dengan tujuan untuk membantu para dosen dalam memenuhi kewajiban sebagi penulis buku maupun karya ilmiah.
Rektor UUI juga menambahkan acara ini juga disiarkan secara live melalui stasiun televisi UB ON TV yang merupakan TV kampus Universitas Ubudiyah Indonesia yg dapat disaksikan juga dari rumah melalui channel 57 UHF selain melalui zoom. Rektor berharap acara serupa akan terus di gelar di UUI dalam masa pandemi covid 19 ini yang akan menghadirkan para pemateri bersama tokoh2 nasional dan internasional. Dan untuk gelaran even kedepan UUI akan menggelar Seminar Innovasi Internasional yang akan menghadirkan dua pemateri professor sekaligus dari Malaysia pada tanggal 30 juni 2020.