UUI dan CYS INDONESIA SUKSES GELAR INOVASI KOMPETISI ‘LOMBA PENELITI BELIA 2020’

Banda Aceh – Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) sebagai salah satu Universitas terbaik Aceh yang selalu melakukan terobosan kerjasama dengan berbagai pihak dalam memfasilitasi para mahasiswa dan juga siswa di Aceh dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama dalam bidang inovasi penelitian. Terkait hal tersebut salah satu even yang di gelar UUI berkolaborasi dengan Center for Scientists Indonesia (CYS Indonesia) yang menggelar lomba Peneliti Belia 2020 tingkat nasional. Even tersebut yang sukses terlaksana dengan baik dimana seluruh peserta dari Indonesia yang mengikutilomba ini seluruh nya 909 riset dari 1585 orang dengan jumlah 40 orang juri.

Sehubungan dengan pandemi Covid 19, Lomba Peneliti Belia 2020 akan diselenggarakan online secara serentak di 12 provinsi di Indonesia. Peserta lomba mengirimkan makalah penelitian dan mengunggah video presentasi di Youtube untuk dinilai oleh Dewan Juri. Bidang lomba: Fisika, Matematika, Komputer, Ilmu Hayati, Lingkungan, Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Psikologi, dan Geografi. Dimana untuk peserta dari tingkatan sekolah Peserta: SMA/ SMP/ SMK/ MA/ MTs.

Prof. Adjunct. Dr. Marniati, M.kes mengatakan ini merupakan agenda tahunan yang akan selalu diadakan setiap tahunnya, UUI yang merupakan mitra CYS untuk provinsi Aceh. Dimana ini merupakan wadah dan ajang untuk menunjukkan potensi-potensi dari para siswa di Aceh dalam menciptakan inovasi-inovasi terbaru melalui penelitian (riset) untuk tingkat para siswa. Lebih lanjut Prof. Marniati menambahkan sangat pentimng  cuntuk menumbuhkan minat riset sedini mungkin kepada para siswa, dan kita tidak boleh tertinggal dengan provinsi-provinsi lain bahkan dengan para siswa-siswa di luar negeri yang sudah ditanamkan untuk melakukan penelitian sejak tingkat pendidikan menengah pertama.   

Untuk tahun depan rektor UUI berharap supaya semakin banyak jumlah para siswa yang akan ikut untuk even ini dengan inovasi-inovasi yang bermutu yang mempunya hight impact dan pastinya juga dengan dukungan dari sekolah-sekolah dio seluruh Aceh beserta bimbingan dari para guru juga.