UUI SUKSES SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL ONLINE BERSAMA KEMDIKBUD RI DAN DIRJEN DIKTI DENGAN 18 UNIVERSITAS TERKEMUKA DI INDONESIA

Banda Aceh –  Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) bersama 18 universitas terkemuka di indonesia sukses menggelar Seminar Nasional secara Daring (Online) dengan mengangkat topik ‘Nasib PJJ di Era New Normal’. Seminar online yang diselenggarakan pada hari senin 1 September 2020 yang menghadirkan tokoh-tokoh nomor satu Indonesia yaitu; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nadiem Makarim, BA., MBA), Ketua Komisi X DPR RI (H. Syaiful Huda), Dirjen Dikti Kemdikbud (Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., P.h.D, Dirjen Diksi Kemdikbud (Wikan Sakarinto, ST., M.Sc., Ph.D). Seminar ini yang juga hadir secara Live di stasiun televisi UB on TV yang juga bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Topik yang dihadirkan dalam seminar nasional secara online ini sangat menarik karena membahas nasib Pembelajaran Jarak Jauh 9PPJ) di era new normal yang dialami dan sedang di terapkan oleh seluruh institusi pendidikan tidak terkecuali untuk sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Dimana berbagai tantangan-tantangan yang dihadapi oleh semua lapisan akademisi dari para pengajar dan mahasiswa serta para siswa. Yang membuat seminar online ini istimewa karena langsung menghadirkan menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta Dirjen Dikti Kemdikbud dan Ketua Komisi X DPR Ri dimana untuk permasalahan yang bisa dijawab langsung oleh para pakar dan orang-orang yang berperan penting di dunia pendidikan Indonesia.

Dalam sesi tanya jawab Rektor  Prof. Adjunct. Dr. Marniati, M.Kes  mewakili dari para rektor di Indonesia kepada Dirjen Dikti Kemdikbud tentang regulasi resmi dari pihak Kementrian mengenai perkuliahan online di Indonesia, bagaimana dukungan serta program kerjasama antara Kementrian terkait dengan universitas dalam menyerap tenaga kerja untuk para lulusan dengan pengembangan karir di Industri. Kedua permasalahan tersebut yang langsung direspon dengan baik oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D dengan apresiasi sebuah pertanyaan yang sangat bagus. Dari pihak DIKTI dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menetapkan tentang regulasi dan sistem proses belajar mengajar di Indonesia diawal masa pandemi dan untuk pengembangan kerja sama Kemeterian Perindustrian dengan Universitas di Indonesia sudah dilakukan tetapiu akan terus dilakukan pengembangan untuk peningkatan kedepan nya seperti yang sudah dilakukan oleh negara-negara maju lainnya. Universitas Ubudiyah Indonesia yang sudah melakukan kerja sama dengan Universitas-universitas dan Industri-industri besar di Malaysia dalam hal penyerapan tenaga kerja untuk para alumni-alumni UUI.