INFO TERKINI : Program studi S-1 Teknik Informatika terakreditasi B, S-1 Sistem Informasi terakreditasi B, D-III Kebidanan terakreditasi B.    Universitas Ubudiyah Indonesia menerima pendaftaran mahasiswa baru jalur non-reguler (kelas karyawan) perkuliahan sabtu-minggu.    Universitas Ubudiyah Indonesia membuka pendaftaran mahasiswa baru Gelombang III mulai tanggal 10 Juli 2017-12 Agustus 2017. Program studi : S-1 Teknik Informatika, S-1 Sistem Informasi, D-III Kebidanan, D-IV Kebidanan, S-1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S-1 Farmasi, S-1 Ilmu Gizi, S-1 Psikologi, S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S-1 Pendidikan Ilmu Komputer, S-1 Ilmu Hukum, S-1 Teknik Arsitektur, S-1 Teknik Sipil, S-1 Manajemen, dan S-1 Akuntansi.    
UUI VISITOR
Hari Ini : 218
Kemarin : 242
Bulan Ini : 3006
Total Views : 251609

Kewirausahaan memiliki kontribusi penting bagi pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, berbagai pihak mulai dari pemerintah, dunia usaha, universitas, hingga pemangku kepentingan lainnya harus memberikan dukungan.

Dengan alasan tersebut, Universitas Ubudiyah Indonesia bersama Ikatan Wanita Pembangunan Indonesia membuat gebrakan dengan mengadakan seminar sehari dengan tema "UKM Go Digital Go Global", pada 6 April 2017 berlokasi di Plennary Hall Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI), Banda Aceh.

Adapun pemateri yang diundang adalah para praktisi dan ahli dibidangnya seperti Muhammad Mansur-Kepala Pembiayaan UKM Bank Syariah Mandiri, Edi Nur-Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Iwan Budhiarta-Konsultan Sustainbiz Advisory dan Dosen pada Fakultas Ekonomi UUI, Zuhar Musliyana-Dosen Ahli Komputer Digitalisasi pada Fakultas Ilmu komputer UUI.

Lebih lanjut, pengembangan usaha baru telah menjadi faktor pembentuk kekuatan perekonomian untuk bertahan dalam dinamika ekonomi global. Hal itu bisa terlihat dari pengalaman Indonesia pada krisis ekonomi 1998 dan 2008. Di tengah banyak tumbangnya perusahaan-perusahaan besar saat itu, usaha baru yang masuk dalam skala UMKM justru tetap dapat tumbuh dan berkembang. Kuncinya mereka lebih fleksibel dalam merespon perubahan yang diwujudkan dalam bentuk diversifikasi usaha.

Keunggulan UMKM itu dinilai perlu untuk berkolaborasi dengan perkembangan perdagangan secara online atau e-commerce. Kita semua yakin akan banyak manfaat yang didapatkan pelaku usaha UMKM bila mampu go digital. Manfaat itu diantaranya yakni kemudahan untuk ekspansi pasar, rantai perdagangan lebih efisien, pemasaran dan promosi produk lebih mudah, serta biaya transaksi yang menjadi lebih rendah. Hal tersebut dikemukakan oleh Bapak Iwan Budhiarta.

Beliau juga menjelaskan, lintas batas e-commerce adalah masa depan perdagangan global,  untuk itu Para UKM dan stakeholder di Indonesia perlu menangkap gelombang tantangan ini menjadi sebuah peluang dengan memperluas network dan kinerja bisnisnya agar bisa competitive secara global.

Sementara era digital yang memberikan ruang begitu luas bagi UKM untuk berkembang menuju pasar global, belum secara maksimal dimanfaatkan untuk kepentingan promosi dan pemasaran. Padahal, peran media audio visual diakui semakin diperhitungkan dan memberikan pengaruh  kuat dalam dunia promosi. Video marketing bagi kalangan pebisnis  dinilai paling pas untuk menarik perhatian masyarakat dunia. Lintas batas e-commerce mungkin adalah segmen dengan pertumbuhan tercepat dari perdagangan global, tumbuh dari hampir nol dua dekade lalu menjadi sekitar US $ 1.920.000.000.000 global pada akhir 2016. Hal tersebut diutarakan oleh Bapak Zuhar Musliyana.

Beliau juga mengungkapkan, hal itu hanya sebagian kecil dibandingkan dengan ukuran pasar e-commerce domestik. Di Cina,  e-commerce diperkirakan US $ 2,8 triliun pada tahun 2015.  Lintas batas e-commerce telah menjadi bentuk yang menonjol dari perdagangan internasional, khususnya untuk produk konsumen dengan beragam tuntutan kebutuhan pasar yang semakin competitive dari sisi harga, kualitas dan keunikan.

Sementara itu, pada akhir acara, Bapak Mansur menjelaskan bahwa Bank Syariah Mandiri siap melakukan pendampingan kepada pelaku ukm dan mitra Ikawapi di Aceh untuk mendapatkan pembiayaan modal usaha. Sedangkan Bapak Edi Nur juga menyatakan kesiapannya untuk berbagi informasi terkait peluang bantuan pengadaan alat produksi bagi pelaku ukm di Aceh.

Meskipun acara seminar hanya satu hari saja, akan tetapi materi yang diberikan mampu membangkitkan respon positif dari para peserta dan undangan yang hadir. Bahkan para hadirin meminta diadakan acara workshop lanjutan dengan materi yang lebih aplikatif. Dengan demikian, diharapkan acara tersebut dapat memberikan manfaat nyata bagi Ikawapi dan mitra pelaku ukm di seluruh Aceh menuju rakyat Aceh yang mandiri dan sejahtera.

Kata-Kata Bijak
" Banyak orang yang sebenarnya sudah sangat dekat dengan sukses tapi sayangnya, mereka kemudian menyerah. (Thomas A. Edison) "