INFO TERKINI : Program studi S-1 Teknik Informatika terakreditasi B, S-1 Sistem Informasi terakreditasi B, D-III Kebidanan terakreditasi B.    Universitas Ubudiyah Indonesia menerima pendaftaran mahasiswa baru jalur non-reguler (kelas karyawan) perkuliahan sabtu-minggu.    Universitas Ubudiyah Indonesia membuka pendaftaran mahasiswa baru Gelombang III mulai tanggal 10 Juli 2017-12 Agustus 2017. Program studi : S-1 Teknik Informatika, S-1 Sistem Informasi, D-III Kebidanan, D-IV Kebidanan, S-1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S-1 Farmasi, S-1 Ilmu Gizi, S-1 Psikologi, S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S-1 Pendidikan Ilmu Komputer, S-1 Ilmu Hukum, S-1 Teknik Arsitektur, S-1 Teknik Sipil, S-1 Manajemen, dan S-1 Akuntansi.    
UUI VISITOR
Hari Ini : 94
Kemarin : 119
Bulan Ini : 2162
Total Views : 290894

Pada tanggal 16 April 2018, Universitas Ubudiyah Indonesia menyelenggarakan Seminar Sehari yang bertajuk “REVOLUSI INDUSTRI 4.0” yang menyesuaikan dengan kebutuhan perkembangan terbaru di dunia industri global dan nasional. Seiring dengan acara tersebut, Universitas Ubudiyah Indonesia mengundang pembicara utama dari Negeri Malaysia, yaitu Prof. Dato’ Sri Dr. Omar bin Osman, untuk memberikan kuliah tamu yang menceritakan perkembangan isu Revolusi Industri 4.0 dari sisi Malaysia. Selanjutnya juga Universitas Ubudiyah Indonesia menjalin kerjasama di bidang pengembangan pendidikan tinggi dengan DRB-HICOM University of Automotive Malaysia. Pada kesempatan itu juga Universitas Ubudiyah Indonesia melantik pimpinan DRB-HICOM University of Automotive Malaysia, yaitu Prof. Dato’ Sri Dr. Omar bin Osman sebagai “VISITING PROFESSOR”, sehingga menambah daftar visiting professor lebih banyak lagi di Universitas Ubudiyah Indonesia.

Pada kesempatan itu juga, Prof. Marniati (Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia) melihat masih rendahnya kualitas sumber daya manusia, maka Universitas Ubudiyah Indonesia berarti harus memperbaiki dua masalah utama, pertama adalah bagaimana tingkat pendidikan masyarakat dapat dijadikan “indikator” dan gambaran mengenai kemampuan penduduk dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Solusi kongkritnya yaitu diperlukan perubahan paradigma baru pembangunan yang berorientasi pada penciptaan lapangan kerja. Kedua, Tingkat kesehatan yang dimiliki masyarakat sangat mempengaruhi tingkat produktivitas, artinya jika masyarakatnya sehat maka kemampuan untuk bekerja dan berkarya sangat tinggi, dan sebaliknya.

Menurut Prof. Marniati, perubahan dalam bidang sumber daya sangat penting, meliputi pengembangan kapasitas dosen dan tutor dalam pembelajaran daring. Jadi dosen ini perannya juga sebagai tutor. Kemudian pengembangan infrastruktur MOOC (Massive Open Online Course), teaching industry, dan e-library yang sebenarnya sudah berjalan. Berkaitan dengan sumber daya, pada era ini dosen memiliki tuntutan lebih, baik dalam kompetensi maupun kemampuan untuk melakukan kolaborasi riset dengan profesor kelas dunia. Nantinya, akan disusun kerjasama dengan para profesor asing yang akan melakukan kolaborasi dengan dosen Universitas Ubudiyah Indonesia.

 

Sebagai tindaklanjut rencana kerjasama di bidang akademik, UUI bersama DRB-HICOM University of Automotive Malaysia akan mengembangkan program pelatihan kerja atau magang untuk mahasiswa UUI di perusahaan-perusahaan mitra di bawah DRB-HICOM selama 6 bulan, berbagai pertukaran mahasiswa antar-universitas, program mobility students serta program perkuliahan Double Degree. Setelah program kerjasama di bidang akademik berjalan, maka akan ditindaklanjuti dengan program kerjasama pengembangan Ubudiyah Aviation dan DRB Aviation yang akan menjadi tonggak pembangunan industry penerbangan modern di Indonesia yang pertama kalinya.

Saat ini sasaran strategis Universitas Ubudiyah Indonesia dianggap masih relevan sehingga perubahan hanya dilakukan pada program dan model layanan yang lebih banyak menyediakan atau menggunakan teknologi digital (online). Kendati demikian, kebijakan ke depannya pun harus disesuaikan dengan kondisi revolusi industri 4.0. Terdapat perubahan kebijakan dan program yang terkait dengan sumber daya iptek di Universitas Ubudiyah Indonesia yang terkait dengan kelembagaan, pembelajaran dan kemahasiswaan, serta riset dan pengembangan juga inovasi.

Ke depannya, tantangan sebuah negara untuk menjadi negara yang maju sudah bergeser, tidak lagi di ukur dari jumlah sumber daya alam yang dimiliki namun dari seberapa banyak jumlah inovasi yang mampu dihasilkan yang dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi negara. Untuk menghasilkan inovasi dibutuhkan kualitas peneliti yang mumpuni, baik di perguruan tinggi maupun di lembaga penelitian lainnya. Disinilah peranan strategis dari kehadiran Universitas Ubudiyah Indonesia untuk mewujudkan SDM Indonesia yang berdaya saing kuat, berkompetensi tepat guna, serta berkualitas internasional. Sesuai dengan semboyannya “UUI – The World Class Cyber University – Creating A Better Future”.

Kata-Kata Bijak
" Orang yang paling beruntung di dunia adalah orang yang telah mengembangkan rasa syukur yang hampir konstan, dalam situasi apapun. (Nightingale) "