INFO TERKINI : Program studi S-1 Teknik Informatika terakreditasi B, S-1 Sistem Informasi terakreditasi B, D-III Kebidanan terakreditasi B.    Universitas Ubudiyah Indonesia menerima pendaftaran mahasiswa baru jalur non-reguler (kelas karyawan) perkuliahan sabtu-minggu.    Universitas Ubudiyah Indonesia membuka pendaftaran mahasiswa baru Gelombang III mulai tanggal 10 Juli 2017-12 Agustus 2017. Program studi : S-1 Teknik Informatika, S-1 Sistem Informasi, D-III Kebidanan, D-IV Kebidanan, S-1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S-1 Farmasi, S-1 Ilmu Gizi, S-1 Psikologi, S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S-1 Pendidikan Ilmu Komputer, S-1 Ilmu Hukum, S-1 Teknik Arsitektur, S-1 Teknik Sipil, S-1 Manajemen, dan S-1 Akuntansi.    
UUI VISITOR
Hari Ini : 169
Kemarin : 174
Bulan Ini : 1669
Total Views : 318472

UUI  LAKSANAKAN  KKN  TEMATIK  DI  SAMAHANI.

ilmuwan-muslim

BANDA ACEH – Universitas Ubudiyah Indonesia dengan salah satu program yang diwajibkan untuk mahasiswa yaitu program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mahasiswa Universitas Ubudiyah Indonesia sudah melaksanakan kegiatan KKN (kuliah kerja nyata) selama 1 bulan terhitung sejak tanggal 2 s/d 28 juli 2018, kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar yang melibatkan 15 Desa di kecamatan Kuta Malaka.

Dalam Program KKN kali ini yang mengusung tema KKN Tematik yg mengangkat tema ‘Desa Kreatif dan Produktif’. Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia, Prof. Adjunct Marniati, M.Kes beralasan dengan program KKN Tematik ini sangat sesuai dan cocok untuk keadaan sekarang ini, dimana orientasi program kegiatannya terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalahan kemasyarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah wilayah. Beliau menambahkan, dengan membangun produktifitas masyarakat dengan budidaya hidroponik di setiap desa sebagai usaha rumahan. Hal ini sangat membantu masyarakat dalam membangun ekonomi keluarga yang berbasis kemajuan teknologi.

Ketua pelaksana, Ulfa Farrah Lisa, mengatakan program, KKN kali ini yang di ikuti oleh 156 orang mahasiswa yang terdiri dari 11 program studi. Adapundesadesa yang menjadilokasidesakknsebanyak 15 desa yaitu lam ara cut, leupung cut, leubok buni, lamsiteh cot, lam ara eungkit, leupung riwat, leubok batee, bughu, reuleungkaring, lam aratunong, teudayah, lambaro samahani, reuleung glpg, leupung rayeuk, tumbobaro. Melalui program KKN mahasiswa dapat mengasah kecerdasan dan menumbuhkan sifat sosial dan emosional. Disamping itu mahasiswa bisa belajar mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat serta dapat memeberi solusi nya.  

Menindaklanjuti dari konsep yang diusung oleh Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia, ketua pelaksana KKN ulfa menuturkan, dimana program unggulan yang dilakukan mahasiswa KKN tahun 2018 adalah budi daya tanaman Hidroponik. Hal ini dikarenakan mayoritas masyarakat di kecamatan Kuta Malaka bekerja sebagai petani. Dengan adanya program ini, masyarakat dapat mengembangkan tanaman hidroponik tanpa menggunakan lahan dan bisa menghasilkan tanaman yang sehat serta terhindar dari zat pestisida.

.IwanBudhiarta, S.Si.,M.Si, MT selaku Wakil Rektor III UUI juga menyampaikan dalam kata sambutannya saat penutupan kegiatan KKN “Dengan adanya kegiatan KKN di Kecamatan Kuta Malaka dapat memberikan sumbangan ilmu yang membentuk masyarakat kreatif dan mandiri”. Dari perwakilan ketua-ketua kelompok KKN dari mahasiswa juga berpendapat, dengan program KKN ini mereka juga menjadi tau keadaan masyarakat dan sekaligus bisa belajar kepada masyarakat serta menemukan solusi bagaimana menyelesaikan masalah yang ada di desa.
Tidak hanya berfokus kepada produk-produk tanaman hidroponik para mahasiswa juga melakasanakan program-program lainnya dalam bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, penyuluhan dan member pelayanan kesehatan, ikut berperan aktif dalam meberikan kegiatan-kegiatan positif untuk para orang tua, remaja dan juga anak-anak di desa-desa tempat mereka melakasanakn program KKN.
Pada Penutupan KKN 2018, yang turut dihadiri oleh  Camat Kuta Malaka, Azhari, SH., M.Si berbicara mewakili seluruh perangkat pemerintah kecamatan mengharapkan kegiatan KKN ini dapat dilaksanakan di Kecamatan Kuta Malaka setiap tahunnya. Camat Kuta Malaka menambahkan "Seluruh kegiatan KKN dilaksanakan sesuai dengan program kerja dan rangkaian acara ini berlangsung dengan sukses dan lancar. Dan berharap dengan berakhirnya kegiatan ini dapat terjalin kerja sama yang baik dan memberikan pengalaman yang berharga kepada seluruh mahasiswa".

Dalam kesempatan terpisah, Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia, Prof. Adjunct. Marniati, M.Kes juga menambahkan UUI akan terus mengembangkan pola KKN Tematik, tidak hanya di laksanakan di Aceh, tapi untuk program kedepan juga dilaksanakan diluar Aceh, bahkan di luar negeri seperti program KKN yang pernah dilaksanakan tahun lalu yang mengirimkan mahasiswa-mahasiswa peserta KKN ke Negara teangga Malaysia.

Kata-Kata Bijak
" Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan. (Albert Einstein) "