INFO TERKINI : Program studi S-1 Teknik Informatika terakreditasi B, S-1 Sistem Informasi terakreditasi B, D-III Kebidanan terakreditasi B.    Universitas Ubudiyah Indonesia menerima pendaftaran mahasiswa baru jalur non-reguler (kelas karyawan) perkuliahan sabtu-minggu.    Universitas Ubudiyah Indonesia membuka pendaftaran mahasiswa baru Gelombang III mulai tanggal 10 Juli 2017-12 Agustus 2017. Program studi : S-1 Teknik Informatika, S-1 Sistem Informasi, D-III Kebidanan, D-IV Kebidanan, S-1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S-1 Farmasi, S-1 Ilmu Gizi, S-1 Psikologi, S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S-1 Pendidikan Ilmu Komputer, S-1 Ilmu Hukum, S-1 Teknik Arsitektur, S-1 Teknik Sipil, S-1 Manajemen, dan S-1 Akuntansi.    

Berdasarkan hasil Rakor Universitas Ubudiyah Indonesia yang dilaksanakan di Hotel UB Caisar pada tanggal 21 – 22 Desember 2018, Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia, Prof. Adjunct Marniati, SE., M.Kes dalam sambutannya menyebutkan bahwa Universitas Ubudiyah Indonesia di targetkan menjadi kampus swasta pertama di Aceh yang mendapat peringkat “A” atau Unggul untuk akreditasi Institusi. Hal ini tentunya bukan perkara yang mudah bagi saya sebagai Warek I Universitas Ubudiyah Indonesia. Namun kami dari jajaran kerja Warek I Bidang Akademik dan Mutu bertekat untuk mewujudkan mimpi tersebut dengan tekat serius bekerja mempersiapkan kegiatan akreditasi AIPT tahun 2019.

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja. Oleh karena itu, pada tanggal 22 Oktober 2018 kami sudah mengirimkan borang akreditasi ke BAN-PT melalui Aplikasi Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). SAPTO adalah sistem yang dikembangkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk meningkatkan efesiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh BAN-PT. SAPTO mendukung setiap proses yang dilakukan dalam akreditasi seperti pengajuan usulan akreditasi oleh perguruan tinggi, pemeriksaan dokumen, penugasan asesor dan validasi yang dilakukan, proses asesmen kecukupan (AK) dan asesmen lapangan (AL) oleh asesor. Dalam sistem SAPTO Perguruan Tinggi (PT) berperan sebagai entitas yang mengajukan usulan akreditasi baik untuk Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), maupun Akreditasi Program Studi (APS).

Saat ini Universitas Ubudiyah Indonesia sudah masuk pada status ke 4 dari 12 status yang menunjukkan kemajuan dari proses pengajuan akreditasi, yaitu  telah masuk dalam tahapan proses Asesmen Kecukupan (AK). Konteks penting dari proses akreditasi ini adalah peningkatan mutu, sehingga Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Mutu beserta seluruh jajarannya telah berkomitmen meningkatkan mutu institusi secara berkelanjutan. Ini berarti semua bentuk dokumen mutu dari proses pelaksanaan pembelajaran yang dijalankan di Universitas Ubudiyah Indonesia harus di tata dan disusun sesuai dengan prosedur, manual dan standar mutu yang telah ditetapkan dalam SPMI Universitas Ubudiyah Indonesia.

Kata-Kata Bijak
" Kita harus menjadi perubahan yang ingin kita lihat di dunia. (Mahatma Gandhi) "