DOSEN AKUNTANSI UUI MENJADI PEMATERI WEBINAR NASIONAL “PERAN AKUNTANSI DALAM EKONOMI KREATIF DI ERA INDUSTRI 4.0”

Banda Aceh – Dosen Universitas Ubudiyah Indonesia Soraya Lestari S.E., M.Si menjadi pemateri webinar nasional dalam mmembentu peran akuntansi dalam ekonomi kreatif di era industri 4.0. Webinar Nasional dilakukan secara Daring pada Rabu, 27 Juli 2022 (Pukul 13.00 – 16.00 WIB).

Dalam kegiatan tersebut ada 3 pemateri yang akan mengisi salah satunya adalah Dosen UUI dari Prodi Akuntansi, Dr. Erna Lovita dari STIE Indonesia Jakarta, Dr. Nurul Hasanah Uswati Dewi, S.E., M.Si., CTA dari UHW Perbanas Surabaya) dan Eka Satria Wibawa, S.Kom., M.Si dari Universitas STEKOM Semarang. ada tiga judul yang diangkat menjadi isi materi webinar yaitu tentang Peluang dan Tantangan Akuntansi dalam Industri Ekonomi Kreatif 4.0 (ibu Soraya), Era Disrupsi Digital : Ancaman atau Peluang bagi Akuntan( ibu Erna), Mempersiapkan Akuntan Masa Depan (ibu nurul) dan Peran Accurate Online di Era Revolusi Industri 4.0 (bapak eka).

Ada perjalanan revolusi industri dunia yaitu dimana dimulai dari tahun 1784 yaitu industri 1.0 dimana dalam menggunakan mesin uap dalam industri, berlanjut industri 2.0 pada tahun 1870 memperkenalkan pada penggunaan mesin industri masal bertenaga listrik/minyak, kemudian industri 3.0 di mulai pada tahun 1969 yang menggunakan teknologi informasi dan mesin otomatis dan industri yang sedang di perkenalkan adalah industri 4.0 yang dimulai dari tahun 2011 hingga sekarang dengan mesin terintegrasi jaringan internet (internet of things) cloud teknologi dan big data.

 Trend transformasi akuntan pada revolusi industry 4.0 adalah Artificial Intteligence, Block Chain, Cyber risk, Big data. seperti keberadaan internet, teknologi menciptakan 1001 sensor data baru/big data, cloud computing dan mechine learning. Materi tersebut adalah kutipan dari pemaparan yang disampaikan oleh Dosen UUI (Soraya Lestari, SE., M.Si).