FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS UBUDIYAH INDONESIA ADAKAN PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT

Universitas Ubudiyah Indonesia – Nur Afrida, bidan desa Lambada Lhok Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar membuka Program Kemitraan Masyarakat Stimulus Tahun 2022, yang dilaksanakan di gedung serbaguna desa Lambada Lhok, Kamis (11/08/2022). Acara ini turut dihadiri oleh ibu geuchik, bidan desa, ketua kader, serta warga setempat.

Program Kemitraan Masyarakat Stimulus Tahun 2022 mengangkat tema, Penerapan Terpadu (PANDU) Manajemen Tata Laksana Obat Diare Pada Masyarakat di Desa Lambada Lhok Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Kegiatan ini turut diikuti oleh mahasiswa fakultas ilmu kesehatan Universitas Ubudiyah Indonesia. Program pengabdian masyarakat ini merupakan Salah satu kewajiban dosen yang tertuang dalam tri Darma Pendidikan Tinggi, yang berjuan memberikan manfaat kepada masyarakat luas, dalam hal ini berkaitan tentang Obat salah satu penyakit, yakni Diare. Kegiatan ini berlangsung dari keberlanjutan kerjasama antara Universitas Ubudiyah Indonesia dan gampong Lambada Lhok yg dilakukan pada tahun 2021.

Pemberian materi disampaikan oleh Rulia Meilina. S.Farm., M.Si, Raudhatun Nuzul ZA, S.ST., M.Kes dan Ulfa Husna Dhirah, S.ST., M.K.M yang ketiganya merupakan dosen Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Ubudiyah Indonesia. Pada kesempatan ini masyarakat diberikan edukasi dan informasi mengenai pencegahan diare dari pemanfaatan tanaman herbal yg ditemukan disekeliling tempat tinggal yaitu daun belimbing. Dimulai dari cara mengolah, dosis serta mengkonsumsinya.