GUBERNUR ACEH DAN MENDAGRI SAMBUT BAIK PERMINTAAN KETUA ABPTSI DALAM PERCEPATAN GURU BESAR PTS

Banda Aceh –  Dalam rangka menyukseskan sejumlah program kerja dari ABPPTSI yang sudah tersusun, ketua ABPPTSI Aceh Prof. Adjunct. Marniati yang langsung bertemu dalam sebuah agenda pertemuan khusus bersama Menteri Dalam Negeri (MENDAGRI) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian dan PJ Gubernur Aceh Mayjen Purn. Achmad Marzuki. Acara diskusi terbatas antara pejabat Aceh dan para rektor yang berlangsung di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang dihadiri oleh seluruh stakeholder terkait berlangsung dengan sukses.

Dalam agenda pertemuan tersebut sejumlah draft usulan yang disampaikan oleh Prof. Marniati dengan memfokuskan beberapa poin yaitu; 1. Usulan percepatan jumlah guru besar di Aceh dimana data yang dihimpun jumlah dosen jenjang S2 sebanyak 3006 dengan persentase dosen S3 7 persen dengan jumlah guru besar masih berjumlah 3 orang dari total keseluruhan dosen di provinsi Aceh. Usulan untuk agenda kedua yang juga menjadi perhatian khusus dari ABPPTSI yaitu percepatan beasiswa untuk program doktoral khusus bagi dosen yang sudah mempunyai jabatan fungsional Asisten Ahli dan Lektor. Dari data yang terupdate dimana untuk dosen yang mendapat dan sudah menjabat jabatan funsgional  Lektor sebanyak 345 dan Asisten Ahli 2679 dan masih yang terdapat dosen yang bekum mendapatkan jafung untuk Asisten Ahli.

Usulan ketiga yang menjadi perhatian khusus untuk disetujui adalah percepatan untuk jabatan fungsional Lektor dan Lektor kepala, dukungan penuh untuk status akreditasi unggul untuk Perguruan Tinggi Swasta, dimana sampai sekarang belum ada PTS yang berstatus akreditasi Unggul. Lebih lanjut Marniati juga memaparkan data tentang dari 105 PTS di Aceh terdapat 57 PTS yang tidak sehat yang harus mendapatkan pembinaan untuk keberlanjutan PTS-PTS tersebut kedepan nya. Dengan jumlah PTS yang masih tidak sehat yang disebabkan karean salah satu faktor nya adalah minim nya SDM yang berjabatan fungsional Lektor dan Lektor Kepala dan Tata Kelola yang perlu penguatan dalam menjalankan operasional sebuah perguruan Tinggi.  Faktor lain seperti turun nya minat mahaiswa yang berefek kepada biaya operasional yang menurun ditambah lagi dengan kesadaran minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan masih berkurang. Dan hal ini bisa terselaesaikan dengan dukungan dan komitmen dari Pemerinath pusat dan daerah dalam hal pemberian bantuan beasiswa untuk para dosen-dosen di PTS di Aceh untuk porgram beasiswa doktoral.  

Dari pihak MENDAGRI dan Gubernur Aceh dalam kesempatan tersebut sangat menyambut baik usulan dan ajuan untuk sejumlah agenda rencana program kerja dari ABPPTSI dan sangat mengapresiasikan hal tersebut dalam memajukan mutu pendidikan di Aceh supaya bisa mencetak dan meluluskan para lulusan yang berkualitas untuk masa depan Aceh dan Indonesia dimasa yang akan datang. Kedua pihak dari petinggi pemerintah  Muhammad Tito Karnavian dan Ahmad Marzuki akan menindak lanjuti untuk pelaksanaan program-program ini dengan penuh komitmen melalui pihak-pihak terkait yang akan ditunjuk. Kedua pihak juga akan terus mendorong dan mendukung sama lain guna untuk mencapai cita-cita bersama untuk kemajuan pendidikan di Aceh supaya bisa bersanding dan mempunyai tingkatan yang sama dengan provinsi-provinsi lain nya di Indonesia.