Rektor UUI Prof Adjunct Dr Marniati MKes Ajak Mantan Menteri Malaysia Rancang Program Penurunan Angka Kemiskinan di Aceh

Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) sekaligus Ketua Umum DPD Perempuan Indonesia Maju (PIM) Aceh Prof Adjunct Dr Marniati Mkes memberikan sertifikat penghargaan kepada Mantan Menteri Ekonomi Malaysia (2020-2022) Dato’ Seri Mustapa Mohamed sebagai pemateri usai acara Seminar Internasional bertema Strategi Ketahanan Ekonomi Keluarga dalam Mengentaskan Kemiskinan di Provinsi Aceh, Senin (3/6/2024) di Aula Perpustakaan Wilayah Aceh yang digelar oleh UUI dan PIM.

BANDA ACEH – Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) sekaligus Ketua Umum DPD Perempuan Indonesia Maju (PIM) Aceh Prof Adjunct Dr Marniati Mkes mengajak Mantan Menteri Ekonomi Malaysia (2020-2022) Dato’ Seri Mustapa Mohamed untuk membuat rencana program dengan tujuan menurunkan angka kemiskinan di Aceh.

Hal itu disampaikan dalam diskusi pada Seminar Internasional bertema Strategi Ketahanan Ekonomi Keluarga dalam Mengentaskan Kemiskinan di Provinsi Aceh, Senin (3/6/2024) di Aula Perpustakaan Wilayah Aceh yang digelar oleh UUI dan PIM.

Berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Aceh, angka kemiskinan di Indonesia per Maret 2023 yakni 9,36 persen.

Merujuk pada angka tersebut, Aceh berada di posisi keenam dari 34 provinsi sebagai provinsi termiskin di Indonesia.

Marniati menilai dari data yang dirilis Bappeda Aceh tersebut, perlu adanya strategi serta program khusus agar dapat menurunkan angka kesmiskinan di Provinsi Serambi Mekkah tersebut.

“Dalam seminar ini kita menghadirkan Dato’ Seri Mustapa Mohamed yang merupakan Mantan Menteri Ekonomi Malaysia untuk dapat berdiskusi serta belajar dari beliau dalam hal membasmi kemiskinan di Aceh sehingga mungkin ada strategi-strategi yang dapat kita adopsi untuk diterapkan di sini. Tentunya banyak hal yang bisa kita pelajari karena beliau juga sudah sangat berpengalaman soal ini,” kata Marniati.

Rektor Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) sekaligus Ketua Umum DPD Perempuan Indonesia Maju (PIM) Aceh Prof Adjunct Dr Marniati Mkes saat memberikan pidato sambutan membuka Seminar Internasional bertema Strategi Ketahanan Ekonomi Keluarga dalam Mengentaskan Kemiskinan di Provinsi Aceh, Senin (3/6/2024) di Aula Perpustakaan Wilayah Aceh yang digelar oleh UUI dan PIM.

Marniati juga mengatakan untuk dapat mengentaskan kemiskinan di Aceh perlu adanya upaya dari berbagai pihak terkait termasuk Perguruan Tinggi.

“Melalui Tridarma Perguruan Tinggi dan juga peran serta pemerintah, angka kemiskinan di Aceh dapat ditekan bahkan diturunkan sebagaimana upaya pengentasan kemiskinan di Kamboja yang turun 1 persen per tahun,” kata Marniati.

Marniati juga menyebutkan bahwa ada 4 strategi penting untuk pengentasan kemiskinan, yaitu melalui social protection (perlindungan sosial), poverty alleviation (pengentasan kemiskinan), community empowerment (pemberdayaan masyarakat), dan shared growth (pertumbuhan bersama).(*)

Tinggalkan Balasan