UUI SUKSES GELAR KULIAH UMUM DALAM MEMULAI PERKULIAHAN MAHASISWA

Banda Aceh – Menyambut dan sekaligus untuk memulai perkuliahan mahasiswa untuk semester Ganjil tahun ajaran 2022/2023 UUI menggelar kuliah umum untuk seluruh mahasiswa. Kuliah umum ini yang di gelar pada hari Rabu 7 September 2022 bertempat di Plenary Hall Universitas Ubudiyah Indonesia dengan tema ‘Hukum Kesehatan Sebagai Langkah Strategis Membangun Profesionalisme Tenaga Kesehatan yang Berkualitas dan Kompetitif’ bersama Pemateri Dr. M. Gaussyah, SH., M.H yang juga merupakan dekan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Acara ini yang juga disiarkan secara langsung oleh UB on TV yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat yang menonton UB on TV yang merupakan TV kampus pertama se sumatera di Indonesia.

Acara yang juga dihadiri oleh Rektor UUI dalam menyambut dan mendampingi pemateri juga memberikan sambutan nya untuk seluruh peserta yang hadir. Prof. Adjunct Marniati mengatakan ini kesempatan yang bagus untuk para mahasiswa dalam memahami hukum-hukum yang berlaku dalam dunia kesehatan/medis dalam membangun profesionalisme sebagai tenaga kesehatan yang unggul dan berkualitas yang mempunyai value untuk bersaing tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri. Dengan kuliah umum ini mudah-mudahan para mahasiswa bisa menambah ilmu pengetahuan tentang seluk beluk hukum kesehatan yang menjadi pedoman mereka dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan nya sebagai tenaga medis profesional, pungkasnya.

Dr. Gaussyah, SH., MH sebagai pemateri yang ahli dalam bidang hukum masyarakat dan keahlian dibidang hak asasi manusia yang merupaka keahlian ilmu dari Dekan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh ini. Dalam pemaparan nya Gausyah mengupas tuntas tentang dasar-dasar hukum kesehatan, hak-hak tenaga kesehatan serta kewajibannya yang diatur dalam hukum negara Republik Indonesia. Tidak ketinggalan juga tentang etika prpfesi seorang tenaga medis dan pembahasan tentang mal praktek yang sangat menarik perhatian dari para mahasiswa yang mengikuti kuliah umum tersebut. Kuliah umum yang berlangsung dengan baik dan lancar yang juga mendapat perhatian dan animo yang besar para mahasiswa dalam sesi tanya jawab dan diskusi dalam waktu yang singkat para mahasiswa puas dengan bebragai macam pertanyaan yang di lontarkan kepada pemateri.

Seusai acara Dr Gaussyah mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini dan juga khususnya buat mahasiswa yang benar-benar antusias dan sanagt aware terhadap hukum-hukum dalam dunia kesehatan dan menjadi bekal buat mereka dalam menjalankan profesi nya setelah lulus nanti. Ini merupakan salah satu dari program MOU antara UUI dan Fakultas Hukum Unsyiah dalam hal mengsupport apapun yang menjadi kebaikan bagi UUI dan Fakultas Hukum USK kedepan nya. Dan juga di tahun ini akan banyak implementasi program-program lain nya yang akan terus dilakukan kedua belah pihak, tambahnya.